Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Tuesday 24 February 2015

Tips Rider Berkacamata yang ingin Menggunakan Helm Full Face

Banyak rider atau pengendara sepeda motor yang berkacamata mengeluhkan betapa repotnya ketika ingin menggunakan helm full face. seperti yang sudah kita ketahui, bahwa helm full face memberikan keuntungan lebih kepada kita. salah satunya adalah dari segi keamanan yang jauh di atas helm model lainnya. Hal ini terkait dengan adanya pelindung dagu yang terdapat pada helm full

Banyak dari pengguna sepeda motor lebih memilih menggunakan helm half face supaya bagi mereka yang berkacamata lebih mudah dan praktis ketika menggunakannya. Pada dasarnya helm half face ini sudah memenuhi standard keselamatan di Indonesia. Bahkkan beberapa merk helm ternama telah mencantumkan sertifikasi dari Depratment Of Transportation (DOT) yang telah diakui dunia.


Bukan lagi Standard Nasional Indonesia (SNI) yang hanya berlaku di Indonesia. Selain kedua model helm di atas, sebenarnya masih terdapat helm lain, yakni helm modular. Helm ini merupakan perpaduan antara helm half face dengan helm full face. Namun tetap saja helm full facelah yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi.

Kembali ke permasalahan kacamata tadi, ada baiknya rider yang menggunakan kacamata dapat mengatasi hal ini dengan mengantisipasi penggunaan kacamata yang terlalu lebar. Terlalu lebar disini dimaksudkan bahwa dimensi kacamata melampaui lebar wajah. Usahakanlah gunakan kacamata yang memiliki dimensi lebih sempit ataupun sama dengan dimensi wajah kita. denagn dimensi kacamata yang lebih sempit, maka helm full face kamu akan muat dan cukup untuk memuat kacamata kamu. Selain itu, kenyamanan saat menggunakan kacamata akan tetap terjaga.

Selain itu, pilihlah materials kacamata yang memiliki gagang yang tidak kaku alias lentur. Dengan menggunakan gagang yang relatif lentur akan meminimalisir fatigue atau kelelahan yang ditimbulkan akibat penggunaan kacamata yang terlalu lama. Kelelahan yang ditimbulkan akibat pemakaian kacamata yang tidak sesuai akan mengakibatkan rasa pusing-pusing dan mual.Kendala yangmungkin akan dihadapi adalah ketika musim hujan tiba.

Pengguna kacamata akan sedikit kerepotan karen kacamata kesayanagan akan mengembun. Selain itu jika tetap dipaksakan menggunakan helm full face, masalah ini akan bertambah parah dikarenakan dimensi helm full face yang relative lebih fit ke kepala sehingga akan mengurangi ruang untuk ventiasi udara. Nantinya embun akan tetap bersarang di helm dan kacamata kamu yang akan berakibat fatal jika dipaksakan untuk berkendara.

Solusinya, kamu dapat menyemprotkan cairan anti fog atau mengganti kacamata kamu dengan kacamata baru yang telah dilengkapi dengan fitur anti embun. Demikian sedikit tips bagi rider pengguna kacamata supaya tetap safety ketika berkendara di jalanan ibukota. Salam safety riding.

0 comments:

Post a Comment