Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Thursday, 19 September 2013

4 Parts Diganti, Performa F1ZR Meningkat Drastis

Kembali dengan tangan tidak kosong, kali ini kabar gembira bagi pecinta Yamaha F1ZR, motor yang berkapasitas 110cc ini merupakan sepeda motor yang cocok untuk dibikin drag race atau road race. Alasannya karena motor ini mempunyai karakter yang gesit, irit dan lincah Kawan. Meskipun bawaannya hanya 110cc, namun itu tidak menjadi kendala bagi para fizer untuk menjadikannya sebuah motor drag race atau road race dan sekaligus bisa dipakai untuk harian.

Untuk meracik sebuah motor agar dapat berlari sesuai keinginan biasanya membutuhkan budget yang cukup besar. Tapi untuk kali ini, sang mpu rupanya hanya cukup mengganti beberapa parts-nya saja, si motor sudah dapat melesat dengan cepat seperti yang diinginkan. Kita sebut saja sang mpu yang dijuluki Mr.Memet, Pemuda asal kota Kuningan Jabar ini meraciknya tidak sendirian, tapi dibantu oleh beberapa temannya yang mengerti akan sebuah mesin motor.
Modifikasi dunia Otomotif

Ok,langsung saja mas bro,, Parts yang diganti hanya pada beberapa bagian saja, yakni :
1. Piston
   Diameter sebuah piston memang sangat berpengaruh terhadap performa sang motor. Dari piston bawaan standar pabrikan, kini diganti dan di perbesar ukuran diameternya. Piston yang digunakan adalah merek NPP dengan over size 2.00 . Saya rasa ini cukup untuk dipakai sehari-hari. Karena jika lebih dari itu, blok cylinder takutnya tidak akan kuat panas karena gesekan dan akan pecah.
Perubahan pada bagian piston

2.  Karburator
   Karburator merupakan organ yang sangat penting dalam pengaturan sebah tarikan mesin, dimana karburator selain fungsinya sebagai pencampur dan pensuplai bahan bakar yang telah dicampur kedalam ruang bakar. Komponen yang terdapat didalamnya juga ikut andil pada hal ini. Yang disetting disini hanya pada Main jet, pilot jet dan main air jet. Dan sebagai penyempurna, pada setelan angin harus dengan setelan yang pas, agar laju motor tidak tersendat-sendat. Karena karburator dan komponennya yang masih standar, kini cukup ganti ukuran Main Jet dengan ukuran 110mm, Pilot Jet dengan 17,5mm dan diimbangi dengan Main Air Jet memakai ukuran 0,4mm.

3. Saluran Buang (Knalpot)
   Untuk knalpot, sebenarnya bagi 2 tak tidak perlu memakai knalpot racing, dengan menggunakan knalpot standar pabrikan juga sudah cukup tapi dengan beberapa rubahan lagi. Knalpot pakai standard F1ZR dan lurusin stinger ke silencer dengan diameter stinger 20mm.
Knalpot standar dengan sedikit perubahan

4. Gear depan dan Belakang
   Sebagai media pendukung, gear juga tentunya tak luput dari rubahan, agar cepat mendapatkan top speed, gear depan menggunakan ukuran 15" dan belakang mamakai 36". Dari yang telah dialami sih ukuran ini sangat cocok. Untuk jalan yang rata ok, jalanan menanjak juga tidak terlalu berat.
Gear belakang yang menggunakan ukuran 36"

Itu saja yang dirubah dan hasilnya cukup kencang kok untuk dipakai sehari-hari. Tapi jika dipakai untuk kontes drag atau road race, itu saja kurang cukup Kawan. Kalau penasaran sih ya sekali-sekali boleh dicoba tapi dalam ajang pengetesan saja. hehe...
Dari hasil uji coba, F1ZR Mr.Memet kini mampu melontarkan top speed tiap perpindahan giginya adalah :
- Pada gigi satu dengan kecepatan 45 Km/jam
- Gigi dua dengan kecepatan 73 Km/jam
- Gigi tiga dengan kecepatan 110 Km/jam, dan
- Gigi empat dengan kecepatan 135 Km/jam (bias lebih)

Jika Kawan mempunyai keluhan tentang motor yang digunakan sekarang, jangan segan-segan untuk menanyakannya disini. Dan jika Kawan ragu tentang ulasan diatas untuk dicoba, maka alangkah lebih baiknya dibimbing oleh sang ahlinya agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Untuk selanjutnya, untuk mengetahui harga motor bekas (scond) F1ZR bisa dilihat di http://www.pricearea.com/result/yamaha+f1zr

20 comments:

  1. Gan itu pistonnya Oversize 2.00, blok mesinnya bi bubut gk..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk blok seher harus di bubut gan,, soalnya sehernya kan dijadiin lebih gede .. Terima kasih

      Delete
  2. mr. memet kuningan.x dimana om??kali bisa ngobrol2 soal f1zr pgn bikin agak ngacir buat harian juga lumayan dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempet bales nih Kang . Kalo dulu sih masih d daerah Ds. Bandorasa Wetan . Cuman sekarang sudah pindah bengkelnya ..

      Kalo Akang masih di daerah kuningan utara . Mending ke temen saya saja Kang,, yg di Sangkanhurip . Kalo mau ke sana tanyain aja bengkel "Kang Elan" .

      Delete
    2. Kalo ingin buat harian di sekitaran Jalan Baru Cijoho ada beberapa bengkel kok .. Akang tinggal datang kesana saja .. Atau bisa lakukan sendiri seperti saya . Ini motor saya http://motorarea.blogspot.com/2013/09/7-cara-korek-harian-pada-motor-bekas.html

      Delete
  3. Replies
    1. Kalo dulu sih masih d daerah Ds. Bandorasa Wetan . Cuman sekarang sudah pindah bengkelnya .. Pindah ke daerah cirebon Kang !!!

      Delete
  4. Replies
    1. Kalo dulu sih masih d daerah Ds. Bandorasa Wetan . Cuman sekarang sudah pindah bengkelnya .. Pindah ke daerah cirebon Kang !!!

      Delete
    2. MJ 110 dan PJ 17,5 nya dari spuyer mtor ap mas ??
      dan main air jet itu yg di mana letak dan bentuk nya ?

      Delete
    3. yg MJ dan PJ kebetulan pake karbu bawaan, jadi masih punya F1ZR, bisa juga RX King, kalo untuk main air jet harus lihat gambar . Silahkan akang searching d google . di situ banyak gambarnya yg namanya main air jet . Terima Kasih Kang . :-)

      Delete
    4. itu karbu http://www.factorypro.com/images/carb_shots/carb_sv650maj.JPG apa bang

      Delete
  5. lantas apa saja hal yang perlu di perhatikan untuk merawat mesin oversize 200 tersebut agar awet broo. . .???

    ReplyDelete
  6. Maaf mau tanya klo f1zr os 150 setiap perpindahan gigi selalu drop apa ya masalahnya.....

    ReplyDelete
  7. A. Mukti @ yg diperhatikan mungkin dari settingan karbu, pengapian yg seimbang . dan terutama untuk motor 2tak adalah oli samping jngan sampe kurang, mndingan d lebihin agar mesin tetap awet kang . servis saja yg rutin :-) Trims....

    ReplyDelete
  8. Ano @ udah coba ganti kampas kopling ?? bagi yg sudah upgrade volume cilinder, hal yang lain yg harus d perhatikan adalah dari pengapian. Yang sudah saya alami ketika upgrade mesin honda supra x 100 std d jadikan os 100 kendalanya hanya d pengapian kang .

    ReplyDelete
  9. permisi.. mw tanya. f1zr gw thn 2000 udh os 150. prpindahan gigi 1 - 3 tarikannya bagus. tpi pas gigi 4 motornya brebet. knapa yah? trus brpa mj dan pj yg pas utk spek d atas? karbu, cdi ama spul ori. mojon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu merupakan kendala yg sama pada supra x ( http://motorarea.blogspot.com/2014/05/meningkatkan-performa-honda-supra-x-untuk-harian.html ) gan. Biasanya pada pengapian yg kurang sempurna dan stelan karbu yg kurang pas. coba PJ dan MJ nya di gedein . kalo masih brebet tinggal pengapian (CDI, Spull, koil). tapi saran ane coba pake koil mobil bekas Kijang atau carry. InsyAllh lancarr . terima kasih gan

      Delete
  10. Mau tanya mtrku korek harian pake knalpot racing,kop skuis 13 ,os 0 alias stdr, pj 45 mj 145 mtr terlalu irit ak ganti mj rojokan kira" ukuran 150anlah mtrnya jadi mrepet tu knp ya? Trus rekomendasi untuk mj n pj nya diapain yah?

    ReplyDelete
  11. Gan mau tanya mtr ku kan os 0 alias std blok sudah korekan standar kop juga sudah bubutan sekuis bensin,knalpot racing stdr, karbu stdr pke mj 145 pj 45 mtr jd ngampos krna kurang boros trus saya gnti mj rojokan kira" ukuran 155 pj ttp 45 tp motornya jd merepet ga mau lari tu knp ya? Trus mj n pj nya dirubah jd brp ya biar ga merepet motornya n bisa lari? Mksh tlg direspon

    ReplyDelete