Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Monday 5 May 2014

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing - Footstep pada sepeda motor memiliki fungsi yakni sebagai tempat pijakan kaki saat Anda berkendara. Menurut fungsi dari footstep ini sendiri tentunya Anda juga mungkin telah mengetahui bahwa sebuah komponen yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan Anda ketika berkendara. Oleh karena itu, posisi sebuah footstep ini seharusnya sangat ideal dengan posisi duduk Anda agar ketika berkendara jaraj dekat atau jarak jauh, kaki tidak akan mudah merasa pegal.

Pada sepeda motor, Footstep memiliki 2 jenis, yakni footstep standar bawaan pabrikan dan footstep racing atau yang sering dikenal dengan Footsrep Underbone. Jenis footstep standar atau bawaan pabrikan ini tentunya dipasang dengan posisi yang sangat ideal karena telah melalui test uji coba. Namun berbeda dengan footstep underbone, footstep yang satu ini tentunya memiliki perbedaan bentuk dan jenis antara merek satu dengan merek lainnya. Sehingga jelas dengan berbedanya merek, bentuk dan jenis, footstep underbone ini memiliki faktor kelebihan dan kekurangan.

Pada dunia balap, mungkin Anda akan melihat dan bertanya kenapa setiap motor yang digunakan untuk balapan memakai footstep undrbone .? Hal ini berlaku karena setiap motor balap tentunya harus memenuhi persyaratan keamanan dan kenyamanan si pengendara. Maka dari itu, bagi setiap motor yang digunakan diarena balap, diwajibkan memakai Footstep Underbone. Anda tahu apakah alasannya harus menggunakan footstep underbone ..? Hal ini dilakukan karena bertujuan agar si pembalap atau rider itu mendapatkan posisi yang optimal ketika berada diarena balap. Dengan pergantian footstep standar yang dilengserkan kemudian digantikan dengan footstep undrebone, maka posisi duduk si pengendara pun akan mengalami perubahan yakni posisi duduk akan geser kebelakang. Dengan seiring pergantian footstep standar yang digantikan footstep underbone, tentunya posisi stang juga harus mengalami perubahan Kawan. Karena posisi duduk yang agak mundur kebelakang, maka posisi stang pun dibikin agak rendah dari standar. Itulah merupakan salah satu alasan mengapa para pembalap merasa nyaman ketika berada diatas motor balapnya.

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing

Dari sedikit cerita diatas, penggunakan parts yang satu ini tentunya akan memiliki beberapa kekurangan atau kelebihan ketika menggunakan Footstep underbone. Sebelum Anda berniat mengganti footstep standar Anda dengan footstep underbone, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing.

Kelebihan menggunakan Footstep Underbone antara lain :
* Penampilan motor akan semakin sporty.
* Posisi duduk si pengendara akan terasa lebih nyaman (tergantung selera).
* Merasa lebih PD (percaya diri) ketika melewati jalan yang memiliki banyak tikungan tajam. Namun jangan salah, merebah/ menikung tajam yang dimaksud disini adalah menikung pada putaran atau lingkaran yang memiliki jalan relatif lebar.
* Saat kita harus menggeber motor pada jalan lurus juga cukup memberikan keuntungan dengan model kaki menekuk. Sehingga posisi kaki tidak sering mendapat terpaan angin.

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing
Footstep Underbone Yamaha New Jupiter MX

Setelah beberapa kelebihannya diatas, berikut merupakan Kekurangan menggunakan Footstep Underbone antara lain :
* Rem terasa kurang pakem (untuk rem tromol).
* Kaki akan terasa cepat pegal untuk dipakai dalam perjalanan jarak jauh, karena posisi kaki terlalu menekuk dan badan terlalu membungkuk.
* Parts Mudah patah jika motor mengalami kecelakaan (jatuh). Kalo yang satu ini sih tergantung bahan yang digunakan.


Dari beberapa penjelasan mengenai Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing. Kami suguhkan referensi untuk Anda jika Anda berminat untuk menggunakan atau membeli footstep underbone. Anda dapat mencarinya di elevenia.co.id. Bagi pengguna Yamaha Jupiter MX, Anda bisa klik disini http://www.pricearea.com/detail/underbone-nui-jupiter-mx-lama-14355663. Untuk pilihan lainnya, ada juga untuk beberapa tipe motor seperti Yamaha Byson, Jupiter Z, Honda CBR DLL untuk Anda.

.

Teriama Kasih  telah berkunjung dimari, semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam motorarea.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment