Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Friday 6 September 2013

Meningkatkan Performa pada Satria FU

Ingin menaikan performa motor Anda tanpa harus mengeluarkan biaya ..?
Hanya cukup dengan setting karburator motor kesayangan Anda dan rasakan perubahannya ...
Ingin tahu caranya ..? Mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Langkah awal untuk melakukan semua kita cukup merubah setelan pada karburator dan sebagai penyempurnanya cukup dilakukan penyetelan pada noken as. Untuk penyetelan nokes as, lebih baik jangan dilakukan sendiri. Karena mebutuhkan pengetahuan, perhitungan dan keahlian. Jadi tidak sembarangan untuk melakukannya...
Sebenanarnya hal ini berlaku pada semua motor yang masih memiliki sistem karburator. Tapi kali ini kita ambil contoh pada Satria FU, kenapa harus Satria FU .. ? Karena Satria FU memiliki perbedaan dengan motor bebek lainnya. Perbedaan yang mencolok adalah satria fu memiliki mesin bersistem DOHC. Dimana sistem DOHC (Double Over Head Camshaft) 'kem' yang mempunyai dua over head ganda. Jelasnya dalam satu piston terdapat dua pasang over head sehingga mesin mempunyai empat katup, yang artinya dimana dua katup untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep lainnya untuk mengatur keluaran gas buang yang disalurkan melalui knalpot.
Area Motor

Berikut langkah-langkah untuk mensetting karburator Satria FU :

1. Pada Pilot Jet
Naikan ukuran 1-2 step pada pilot jet, untuk contoh kita ambil dari 12,5 menjadi 15 atau 17,5. Kenapa begitu, Pilot jet disini berpengaruh untuk melakukan start diawal, benda ini juga berguna menyumplai bahan bahan bakar untuk 0 - 1/4 throttle. Penambahan ukuran Pilot jet juga berguna untuk Mengurangi gejala knalpot nembak. Untuk meningkatkan ukuran pilot jet jangan terlalu besar dikarenakan nanti boros sehingga karburator akan mengembun karena ketidak seimbangan banyaknya bensin tapi udara cuma seadanya.

2. Pada Main jet
Naikin ukuran 2-3 step pada main z. Misalkan dari 115 menjadi 130 karena main zc paling efektif untuk 3/4 - full throttle alias gas dibuka full. Yang tujuannya adalah untuk mempersingkat pencapaian Top speed karena suplly BBM akan semakin optimal.

3. Pada jarum skep
Naikan klip jarum skep 1-2 tingkat. Untuk hal ini diperlukan perhitungan juga, Karena jiga setelannya tidak pas, maka setelan angin juga susah diselaraskan. Pada 1/4 - 3/4 throttle "hitung dari putaran grip di setang" yang bekerja ada jarum skep.

4. Setting Filter Udara
 Buka filter udara jika ada ya lebih baiknya diganti pake after market racing tujuannya agar angin lebih banyak masuk tapi debu tetep terperangkap di filter. Sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap nafas, dan nafas akn terasa panjang.

5. Settingan Pada Angin
 Untuk melakukan hal yang satu ini, diperlukan kecermatan. Karena jika setelan angin tidak pas, maka pada pembakaran tidak akan sempurna. Caranya, putar setelan searah jarum jam sampai mentok, lalu putar lg ke arah berlawanan sampai mendapatkan rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm ,biasanya dapat 1 - 1,5 putaran saja.

6. Busi
Langkah terakhir adalah pada busi, Dimana sang busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Busi dipasang untuk membakar campuran bahan bakar yang telah dikompres oleh piston. Percikan busi berupa percikan elektrik. Pada bagian tengah busi terdapat elektrode yang dihubungkan dengan kabel ke koil pengapian (ignition coil) di luar busi, dan dengan ground pada bagian bawah busi dan akan membentuk suatu celah percikan di dalam silinder.

Kompresi pada Suzuki Satria Fu sudah relatif tinggi yaitu 10,2:1 , jadi seharusnya menggunakan BBM yang beroktan tinggi seperti pertamax plus atau Pertamax. Jika oktan terlalu rendah, maka efek sampingnya berpengaruh terhadap mesin. Mesin bisa knocking alias "ngelitik". Jika terus tetap dipaksakan maka komponen yang terdapat didalamnya seperti piston dan Klep akan cepat rusak atau aus. Akan tetapi jika tidak ingin memakan oktan yang tinggi karena harganya yang terlalu mahal, Maka solusinya adalah dengan mencampur oktan tinggi + oktan yang rendah (Pertamax plus/pertamax + Bensin). Untuk takarannya yakni 1:2 liter saja sudah cukup.
Selamat mencoba dan membuktikan Kawan....
Ingin membeli Satria FU silahkan cari di http://www.pricearea.com/catalog/suzuki-satria-fu-14889 . Semoga

0 comments:

Post a Comment