Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Wednesday 10 December 2014

Yuk..! Bikin Tambah Sangar Yamaha Scorpio Z

Pemilik motor Yamaha Scorpio Z pastinya sudah sangat paham betul karakter dari sepeda motor kesayangannya itu. Seperti yang telah banyak orang ketahui bahwa motor ini memiliki dapur pacu yang sangatlah mumpuni untuk motor sekelasnya. Dengan kubikasi hingga 225cc, maka motor ini memiliki tenaga dan juga torsi handal di segala kondisi. Meskipun begitu, banyak pengguna motor sport Yamaha ini merasa bahwa motor mereka terlihat “culun” dalam kondisi standar pabrik. Nah oleh karenanya simak kiat-kiat berikut untuk menambah tingkat kegantengan dari motor sport besutan Yamaha yang satu ini.

1. Masalah umum dari motor ini adalah amblasnya shock breaker belakang yang akan membuat motor ini kurang sedap untuk dipandang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memberi pengganjal shock breaker belakang supaya terlihat lebih tinggi. Dengan menggunakan “arm relay” maka motor akan lebih tinggi secara instan. Harga yang perlu dibayar untuk membuat motor kesayangan kamu menjadi lebih tinggi cukup murah yakni cukup dengan Rp 40.000 - Rp 200.000 saja.

2. Cara selanjutnya adalah dengan mengganti perangkat kaki-kaki. Ya benar, velg Yamaha Scorpio ini masih menggunakan ukuran 18 inch dan dimensi yang cukup sempit untuk motor sekelas 225cc. Dengan mengganti perangkat kaki-kaki menjadi berdiameter 17 inch, maka tampilan motor ini akan jauh bertambah ganteng. Di pasaran banyak variasi velg lokal yang dijual dengan harga yang juga bervariasi. Untuk velg casting dijual dengan kisaran harga Rp 600.000 – Rp 1.500.000 tergantung merk dan kualitasnya. Bagi yang ingin motornya terlihat klasik, maka dapat mengaplikasikan velg jari-jari yang juga sangat umum dijual di pasaran, tentunya dengan harga yang jauh lebih murah.

Ubahan ini tidak tergolong ekstrim dan masih dapat ditolerir oleh swing arm standar dengan ukuran maksimal ban adalah 130/60/r17. Lebih dari ukuran itu diperlukan penggantian swing arm dikarenakan ban tidak akan muat masuk ke celah swing arm.

3. Jika kamu masih merasa tarikan motor kamu terasa lambat, maka cara yang paling mujarab adalah dengan mamaksimalkan pengapian dan karburasi. Pengapian di Yamaha Scorpio sudah tergolong baik, namun jika masih kurang kamu dapat merujuk ke produk aftermarket racing sebagai penggantinya. CDI BRT atau Rextor akan sangat berkontribusi positif dalam peningkatan akselerasi dan power motor.

Karburator Yamaha Scorpio sendiri dapat digantikan dengan unit yang memiliki dimensi venturi lebih besar demi mendapatkan pasokan udara yang lebih berlimpah. Dua hal ini diyakini para mekanik akan dapat meningkatkan tenaga dan akselerasi motor dengan signifikan. Jika hal tersebut masih dirasa kurang, maka langkah selanjutnya adalah dengan cara bore-up atau melakukan porting and polish di sektor sistem pembakaran motor.

Demikianlah sedikit modifikasi yang dapat dilakukan demi mendapatkan tampilan dan performa motor Yamaha Scorpio Z supaya lebih garang lagi. Walaupun motor ini sudah tergolong cukup berumur, namun dengan sedikit modifikasi dapat membuat motor ini tampak seperti muda kembali. Semoga sedikit kiat-kiat di atas dapat bermanfaat dan tetap safety riding di jalan ya sobat.

0 comments:

Post a Comment