Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Sunday 14 December 2014

Tuning Yamaha Scorpio Z Bikin Tambah Banter

Motor besutan Yamaha dengan harga jual Rp 23.790.000 (On The Road Jakarta) ini sejatinya memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Dilihat dari kubikasi mesinnya yang 225cc, maka power standar motor ini sanggup meraih 13,4 kW dengan torsi badaknya sanggup meraih 17,5 Nm pada 6500 rpm (klaim pabrikan). Bagi kamu pemilik Yamaha Scorpio ini yang menginginkan performa lebih, beberapa cara di bawah ini dapat dijadikan acuan untuk memodifikasi mesin motor Scorpio kamu supaya lebih garang lagi.

Inti modifikasi dari mesin motor Scorpio ini ada di bagian pembakaran dan efisiensi volumetriknya. Jadi jangan dikira setelah proses modifikasi mesin motor akan bertambah boros. Justru sebaliknya, motor akan menjadi jauh lebih responsif dengan bensin yang bertambah irit. Optimasi efisiensi adalah hal yang mutlak dilakukan pertama kali bagi kamu yang ingin mendapatkan performa motor di atas rata-rata. Simak langkah-langkah berikut.

1. Memperbaiki sistem pengapian motor dengan cara menggantinya dengan produk racing. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan ledakan api busi yang lebih besar sehingga motor dapat berlari lebih kencang. CDI, koil, dan busi merupakan komponen pertama yang perlu mendapat sentuhan penggantian. Produk racing untuk Yamaha Scorpio banyak dijual di pasaran dengan spesifikasi dan harga beragam.

2. Selanjutnya melakukan modifikasi untuk meminimalisir power loss dari motor tersebut. gesekan merupakan musuh utama modifikasi mesin. Jika kita dapat meminimalisir gesekan di dalam mesin, niscaya motor akan lebih enteng dan irit bahan bakar. Salah satu caranya adalah dengan mengganti kampas kopling standar dengan kampas kopling baru yang lebih tebal. Kamu dapat merujuk part kompetisi ataupun menggunakan kampas kopling standar dari motor, namun harus dipadukan dengan per kopling yang lebih keras supaya “kalajengkingmu” dapat berakselerasi lebih cepat.

3. Membenahi komposisi volumetrik di dalam mekanisme pembakaran motor. Porting and polishing merupakan cara instan yang dapat dilakukan oleh pengguna dalam meningkatkan efisiensi pengkabutan motor. Cara ini juga tergolong cukup murah. Kisaran harga pasaran yang ditawarkan untuk port and polish ini adalah mulai dari Rp 200.000 ke atas.

Setelah melakukan modifikasi di atas, motor kamu dijamin akan meningkat performanya. Untuk keperluan harian dan turing modifikasi di atas sudah sangat mumpuni. Namun jika kamu masih merasa motor kamu kurang cukup garang, maka modifikasi tingkat lanjut perlu kamu lakukan demi memuaskan hasrat modifikasi kamu. Salam safety.

0 comments:

Post a Comment