Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Tuesday 29 April 2014

4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor

4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor - Fairing pada dasarnya memiliki fungsi sebagai pelindung atau penutup bagian mesin pada motor varian sport. Selain itu, fairing juga dapat menambahkan kesan sporty pada tampilan si motor tentunya dengan keselarasan antara bodi, tangki dan cassis motor itu sendiri. Bagi para biker atau para modifikator, biasanya pada fairing ini ditambahkan beberapa perpaduan cat agar tampilan si motor lebih terlihat sedap ketika dipandang. Bukan hanya itu, dengan dibalur perpaduan antara beberapa warna pada fairing dan seluruh bagian pada kuda besi membuat mata enggan menoleh yang lain jika perpaduannya itu benar-benar selaras dan sempurna.

Pada segmen motor sport, pemasangan fairing pada motor entah itu keluaran pabrikan atau hasil dari modifikasi sendiri tentunya sebelum mereka (si pemmasang fairing) memasangkan bagian yang satu ini pada motor, sudah tentu mereka memperhitungkan dan menentukan bentuk atau desain terlebih dahulu agar si kuda besi akan terlihat begitu sporty setelah memakai fairing. Karena keselarasannya antara body, tangki dan rangka dengan bentuk motor itu sangat berpengaruh besar terhadap tampilan si motor. Maka dari itu jika Anda akan memodifikasi motor kesayangan Anda dengan menggunakan fairing, alangkah lebih baiknya ketahui atau tanya-tanya terlebih dahulu pada ahlinya agar hasilnya lebih sempurna dan dapat memberi kepuasan tersendiri. Seperti halnya pada Yamaha V-Ixion yang ada diartikel yang satu ini Bikin Tampilan Yamaha V-Ixion Full Fairing Ala Aprilia RSV4, dengan keselaran antara body dan permainan cat yang sangat sempurna, membuat Yamaha V-Ixion ini terlihat begitu sporty dan mewah.

Motor yang menggunakan fairing alias memiliki tudung yang menutupi bagain mesin secara keseluruhan memang lebih digemari ketimbang motor versi naked ala telanjang dimana mesin motor terlihat. Tetapi dibalik semua itu ada kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi motor berfairing dibanding motor naked. Nah, jika Anda bingung menentukan jenis fairing apa yang akan diambil untuk membuat motor kesayangan Anda terlihat lebih sport, Kami coba suguhkan beberapa jenis fairing untuk motor kesayangan Anda. Berikut ini merupakan 4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor yang bisa menjadi referensi Anda ketika ingin memodifikasi.

1. Jenis Full Fairing
4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor
Jenis Full Fairing
  Dari segi desain pada fairing yang satu ini, bentuknya yakni akan menutupi seluruh bagian depan sampai bagian tengah si motor (tepatnya menutupi bagian mesin) serta sisi kanan dan kiri motor secara penuh sampai pada bagian pijakan kaki pengendara. Sama halnya seperti pada Yamaha V-Ixion modifikasi yang ada di artikel sebelumnya atau pun pada motor sport keluaran pabrikan seperti motor yang dipakai pada ajang MotoGP, Kawasaki Ninja, Honda CBR DLL yang akan lebih melindungi mesin motor.


2. Jenis Half Fairing
4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor
Jenis Half Fairing
 Untuk jenis Half Fairing yakni memiliki bentuk setengah dari jenis Full Fairing. Biasanya fairing jenis ini hanya melindungi bagian depan dengan windscreen serta bagian dibawah stang sampai mesin bagian atas, sehingga fairing tidak menutupi seluruh bagian mesin.

3. Jenis Quarter Fairing
4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor
Jenis Quarter Fairing
 Quarter Fairing memiliki tampilan atau desainebih simpel dari pada full fairing dan half fairing. Desain quarter fairing hanya memiliki bagian wind screen dan juga sedikit penutup pada sekeliling wind screen. Yang artinya jenis fairing yang satu ini hanya menutupi bagian kepala simotor sampai shock depan bagian atas (antara jepitan segitiga).

4. Fairing Jenis Belly Pan

4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor
Fairing Jenis Belly Pan
Pada jenis Quarter dan half fairing biasanya di terdapat jenis fairing belly pan, atau dapat juga di sebut air scoop, yang memiliki fungsi untuk mengarahkan air flow agar menjauhi area bawah mesin sehingga efek aerodynamic liftnya bisa di kurangi. Selain itu, jenis fairing ini berfungsi pula untuk mendukung keindahan motor. Biasanya jenis belly pan ini diaplikasikan untuk motor balap, banyak di tujukan untuk menampung bocoran oli yang bisa membahayakan rider lain. Model ini biasanya banyak dijumpai pada motor yang memiliki jenis trail dan niked bike untuk touring.

Dari penjelasan ke 4 jenis fairing Yang biasa digunakan untuk modifikasi motor diatas, tentunya merupakan suatu referensi agar Anda pintar-pintar memilih dan menentukan desain ketika ingin melakukan modifikasi terhadap motor kesayangan Anda. Namun jika Anda hanya melakukan modifikasi pada bagian fairing tanpa tmenambahkan aksesoris lain, nampaknya kurang terlihat begitu sempurna. hehe...

Sebagai referensi untuk mencari berbagai aksesoris, Anda dapat kunjungi beberapa bengkel terdekat atau bisa juga dilakukan secara online. Seperti halnya di marketplace elevenia.co.id yang menjual berbagai spare parts atau aksesoris untuk berbagai jenis motor. Ada pula perlengkapan berkendara seperti Helm Full Face. Terima kasih atas partisipasi Anda telah menyempatkan waktu untuk mengunjungi artikel ini !!! 

0 comments:

Post a Comment