Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Wednesday 18 September 2013

Cara Mudah Membuat Kunci Motor Anti Maling

Mengingat sekarang lagi marak-maraknya pencurian sepeda motor. Tentunya kita tidak ingin kendaraan yang kita sayangi menjadi korbannya kan ..?
Nah, maka dari itu kita harus berjaga-jaga. Berjaga-jaga yang dimasksud bukan berarti harus di tungguin setiap waktu Kawan .. hehe
Untuk hal itu, pada pertemuan kali ini saya akan memberikan solusi untuk menjaga motor atau kendaraan kesayangan Anda terhindar dari hal yang tak diinginkan seperti kemalingan. Pada setiap motor baru atau motor bekas, tentunya jika dalam keadaan masih original atau belum pernah dioprek, sudah tentu alat pengaman anti malingnya hanya ada pada sebuah kunci. Entah itu kunci kontak, kunci gembok atau kunci anti maling lainnya.

Tidak mau panjang lebar lagi takut entar keburu malas membacanya, saya akan memberikan bagaimana cara membuat kunci rahasia anti maling. Kunci rahasia bisa diposisikan dimana saja dan hanya kita yang tahu. Ya namanya juga kunci rahasia tentunya cuma kita saja yang cukup tahu posisinya dimana ...! hehe...

Kunci rahasia bisa membantu untuk menyulitkan si maling ketika dia melakukan aksinya. Bagaimana cara membuatnya ..? Mari kita simak ulasannya..
Membuat kunci rahasia sebenarnya tidak serumit seperti yang dibayangkan kok. Karena disini bagian yang akan diambil yaitu pada sistem kelistrikannya saja, Kenapa sistem kelistrikan yang kita ambil untuk dijadikan sebuah kunci rahasia ..?
Sistem kelistrikan merupakan suatu sistem vital pada sebuah kendaraan, dimana jika sesitem yang satu ini di putus arusnya, maka secara otomatis si kendaraan tidak akan bisa hidup.

karena disini kita akan memutus arus pada sistem kelistrikannya, maka kita akan memutus arus pada bagian CDI nya saja. untuk lebih amannya mendingan kita ambil pada kabel negatif dari CDI. kemudian kita ambil dua buah kabel yang masing-masing ujungnya kita berikan soket agar aman (menhindari konsleting) dan agar terlihat lebih rapih. Kemudian di ujung yang lainnya kita hubungkan pada sakelar.
Kabel massa pada setiap kendaraan itu ada bermacam - macam warnanya dan tergantung dari merek motor pula. Kalau pada honda sih biasanya menggunakan kabel warna hijau, yamaha dengan warna hitam, dan suzuki dengan warna hitam bergaris putih. Untuk menyusun dan membuat sebuah kunci rahasia, maka silahkan perhatikan pada gambar berikut,
Cara Membuat Kunci Rahasia
Karena intinya kita akan memberikan saklar pada kabel massa, jadi Kawan jangan sampe salah potong ya. Karena jika Kawan salah memotong kabel, akibatnya bisa mengakibatkan konsleting dan CDI akan menjadi mati. Kabel yang dipotong di sini adalah kabel negatif dari CDI yang akan di fungsikan oleh sebuah sakelar. Caranya cukup mudah kok, setelah dipotong, kabel menjadi 2 bagian kan, nah dua kabel ini kita sambungkan kembali kabel yang telah dipotong  tadi melalui sebuah sakelar. Maka hasilnya apabila sakelar kita posisikan di "ON" maka arus negatif akan terhubung dan mesin bisa hidup dan begitu pula sebaliknya, jika sakelar berada di posisi "OFF", maka arus akan terputus dan mesin tidak akan menyala atau mati.

Caranya cukup mudah kan ..? Eits,, jangan salah, cara yang satu ini memang cukup mudah Kawan, tapi jangan sampai salah memahami artikel ini, atau salah memotong kabel ya.. Jika salah potong, resikonya bisa berakibat cukup fatal. Setelah itu bisa dilakukan dengan sempurna, kini tinggal memikirkan dimana untuk menyimpan sakelar tadi. Simpan ditempat yang menurut Kawan aman dan usahakan hanya Kawan sendiri yang tahu posisinya dimana.
Itulah sedikit rincian tentang cara membuat kunci rahasia yang disambungkan melalui media lain yaitu dengan sebuah sakelar. Selamat mencoba ... Terima kasih 
Sebagai referensi untuk melihat harga motor baru dan motor bekas, silahkan lihat selengkapnya di http://www.pricearea.com/result/motor?cat=motor&scat=motor-bekas

4 comments:

  1. kalo motornya gabisa idup kan masi bisa jalan motornya??

    ya kurang aman juga dong arusnya mati cuma masi bisa ilang motornya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya sekedar kunci kontak nya saja gan. Kalau mau ga bisa jalan motornya gunakan kunci ganda saja seperti gembok atau rantai dll . :-)

      Delete
  2. kabel dari kunci kontak kan ada 2, kalo dipotong salah satu terus dikasih saklar gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja . Itu merupakan cara yang sangat simpel Asal jngan salah potong aja kang . :-)

      Delete