Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Monday 2 September 2013

Beberapa Bagian Penyebab Vespa Mogok

Vespa - Motor tua yang satu ini memang merupakan motor yang bisa dibilang motor klasik. Meskipun begitu, harga motor yang satu ini kini masih terbilang pas dikantong. Dengan dibekali mesin 2_Tak berkapasitas 150cc, vespa cocok untuk semua kalangan. Apalagi di zaman sekarang ini banyak komunitas Skuter bukan hanya dikota-kota besar, tapi sampai kesetiap pelosok pun komunitas skuter ini masih eksis. Pada tahun lalu, telah dirilis kembali Vespa PX150 mejadi Vespa New PX150. Harga motor Vespa New PX150 yang dibandrol dengan harga yang cukup mahal, nampaknya bukan suatu kendala bagi para pecintanya. Bagi pecinta sekuter, seberapa pun harga motor yang dibandrol tidaklah ada masalah, karena dibalik harga motor yang mahal tersimpan kepuasan tersendiri.

Karena motor yang satu ini sudah termasuk motor tua, maka spare parts-nya kini sudah jarang ditemui yang originalnya, bagi rider yang mempunyai motor klasik ini, rajin-rajinlah merawat dan menjaga motor kesayangannya ini agar selalu dalam keadaan yang maksimal. Seperti yang telah dijelaskan oleh Motorvespa.com tentang Beberapa panduan untuk menjaga motor Vespa. Kini Mimin akan menambahkan sedikit tentang beberapa bagian yang sering menjadi keluhan motor ini.


Bagian-bagian yang sering menjadi masalah bagi si skuter antara lai
- Pada Bagian Karburator
Karburator Vespa

Seperti halnya pada motor umumnya, Bagi motor yang menggunakan sistem karburator mungkin bagian ini sudah tidak asing lagi didengarnya. Pada karburator terdapat beberapa komponen yang harus sering dicek dan dibersihkan, Yaitu pada jarum (Main Z dan Slow Z) dan pada bagian lain yang ada dibagian karburator. Tujuannya agar pemberian masukan hasil campuran bahan bakar dari karburator ke ruang bakar lancar sehingga laju sang motor tidak tersendat-sendat dan selalu responsip.

- Pada Bagian Kabel Persneling
Kabel Perseneling


Sering terjadi masalah pada bagian ini, salah satunya adalah terasa keras atau susah pada saat melakukan pengoperan gigi serta sering selip. Jika terjadi seperti itu, berarti kabel persneling yang mengalami masalah, maka cek kabelnya. Biasanya kabel sering longgar dan harus itu harus segera diatasi dengan cara menyetelnya.


- Pada Bagian Busi 


Busi kerap menjadi pemicu motor menjadi mogok, Pada motor dua tak seperti Vespa ini selain pada karburator, busi juga perlu diperhatikan. Busi pada Vespa bisa cepat mati atau berkerak. Sehingga busi harus sering diganti, jika hanya berkerak. Busi dapat dibersihkan dengan bensin dan ampelas, Serta bersihkan dengan jarum kecil atau kawat untuk membersihkan kerak yang tersisa pada bagian kepala busi. Pemicu masalah ini adalah pada pemilihan oli samping yang kurang tepat.

- Pada Bagian Kopling

Stut Kopling
Selain pada bagian diatas, Pada bagian yang satu ini juga butuh perhatian, Karena kopling merupakan hal yang penting bagi motor yang menggunakan kopling manual seperti Vespa ini. Biasanya, pada bagian kopling vespa yang sering cepat aus adalan bagian stutnya. Karena bentuknya yang bulat pipih ini terbuat dari bahan kuningan untuk yang lokal bukan originalnya. Jadi jika ingin membeli Stut kopling Vespa, jika ada mendingan menggunakan yang ori.


Sekilas yang dapat kami rangkum dari pengalaman Mimin yang mempunyai motor yang terkesan klasik itu. Dengan mesin yang terawat, Tentunya harga motor anda pun tidak akan terlalu murah ketika mau dijual.

2 comments:

  1. Terima kasih atas infonya. Saya memerlukan petunjuk mengenai saluran bensin dari tangki sampai ke karburator. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya sekedar saran nih kang . Kalo misalnya mengalami kebocoran atau tersendat pada selang yang tidak mengalirkan bensin ke karbu, berdasarkan pengalaman Saya waktu dulu yg pernah memiliki Vespa PX150 taun 86, selama beberapa tahun. Itu lebih baik di ganti selangnya saja kang. Jangan mencobanya sendiri, tetapi bawalah ke spesialis yg banyak mengetahuinya . Karena dalam melakukan hal yg satu ini, lumayan memakan waktu dan sedikit agak ribet . Terima kasih :-)

      Delete