Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Monday 10 March 2014

Harga dan Tipe Karburator PE 28 Asli Serta Ciri-cirinya

Karburator merupakan salah satu Spareparts yang sangat berpengaruh terhadap performa sepeda motor. Dimana karburator ini memiliki fungsi sebagai pelaku pencampuran antara udara dengan bahan bakar dan mengalirkannya ke ruang bakar melalui leher angsa (manipul), sehingga proses pembakaran dapat berjalan sempurna.

Karena fungsinya sebagai pencampur bahan bakar dengan udara, maka setelan karburator itu sendiri harus benar-benar pas jika Anda menginginkan sepeda motor Anda sempurna performanya. Apalagi jika Anda telah memperbesar kapasitas mesinnya menjadi diatas standar bawaan pabrik, maka setelan karburator pun harus disesuaikan dengan kebutuhan pembakaran diruang bakar agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan pada mesin. Bila perlu Anda harus mengganti karburator tersebut dengan karburator lain atau bisa juga menggantinya dengan karburator PE28. Dimana saat ini karburator PE28 tengah ramai digunakan dikalangan pecinta kecepatan atau balap seperti drag race ataupun road race.

Karena karburator sangat berpengaruh terhadap performa sepeda motor, maka spare parts yang satu ini harus mendapatkan perhatian yang khusus. Hal – hal yang harus diperhatikan dari karburator adalah kepresisian dalam pembuatannya. Kenapa begitu ..?  Hal ini dikarenakan akan sangat berpengaruh terhadap performa motor itu sendiri. Ketidakpresisian itu akan mengakibatkan setting-an motor yang terus berubah, tidak bisa langsam/stasioner, busi menjadi cepat mati, bahan bakar boros dan yang paling parah adalah akan menyebabkan kerusakan fatal terhadap parts – parts yang berada dalam ruang bakar seperti pada piston ataupun ringnya. Contohnya dalam penggunaan karburator PE28 pada mesin yang masih standar bawaan pabrik. Disarankan dalam penggunaan karburator PE28 ini hanya untuk mesin yang telah mengalami pembesaran kapasitas (CC) serta didukung juga pembesaran percikan pengapian agar mendapatkan pembakaran yang sempurna didalam ruang bakar.

Ada beberapa tipe untuk karburator PE 28, berikut beberapa tipe karburator PE 28 dan ciri-cirinya :

1. Karburator PE 28 Japan (SUDCO) / PE 28 Racing

http://motorarea.blogspot.com/2014/03/harga-dan-tipe-karburator-pe-28-asli.html
Karburator PE 28 SUDCO
Karburator PE 28 yang satu ini merupakan karburator original Jepang yang biasa disebut sama para mekanik yakni karburator racing. Dimana karburator PE Jepang ini memiliki ciri body rapih/halus, Warna body yang gelap, memiliki tulisan keihin yang timbul dan besar di botol skep, terdapat pula tulisan PE yang timbul, skep yang pendek, khusus sudco jarum skepnya warna kuning ke-emasan dan memiliki ulir setelan, tutup pj/mj berwarna putih, pelampung warna hitam dan dapat disetel, nosel buta, mangkok karbu ada baut segi 6 dan ada bolongan untuk cantolan selang napas, memiliki tulisan made in japan di bodi karburator dan ciri yang terakhir adalah choke nempel di karbu langsung (seperti pada karbu RX King), pada bagian bawah mangkuk karbu ada semacam tutup baut cukup besar, yang berfungsi sebagai lubang untuk mengganti (bongkar pasang) pj/mj tanpa harus membuka mangkuk karburator terseabut.

Berikut merupakan spesifikasi dari Karburatoe PE 28 Japan (SUDCO) :
* Body : Halus/Rapih, warna gelap
* Ukuran PJ : 50
* Ukuran MJ : 150
* Warna Pelampung : Hitam, dapat disetel
* Warna Jarum Skep : Kuning ke-emasan

Kisaran harga karburator PE 28 Jepang ini yakni antara 1,6 juta - 1,9 juta (original kondisi barang baru).

2. Karburator PE 28 TDR
http://motorarea.blogspot.com/2013/09/7-cara-korek-harian-pada-motor-bekas.html
Karburator PE 28 TDR

Karburator PE 28 milik TDR ini merupakan karburator racing bermerek TDR yang memiliki Ciri - ciri Warna body yang gelap, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, Jarum Skep sudah model Racing bisa disetel, Pelampung Warna Putih tidak dapat di setel,  pada Mangkuk Karbu terdapat Logo TDR yang di Emboss dan memiliki stiker hologram dan satu lagi yakni kode part merupakan ketrikan.

Berikut merupakan spesifikasi dari Karburatoe PE 28 TDR :
* Body : Halus/Rapih, warna gelap
* Ukuran PJ : 42
* Ukuran MJ : 152
* Warna Pelampung : putih, tidak dapat disetel
* Warna Jarum Skep : -

Untuk harga karburator PE 28 TDR yakni antara 1 juta - 1,4 juta (kondisi original TDR barang baru).

3. Karburator PE 28 KAWAHARA
http://motorarea.blogspot.com/
Karburator PE 28 Kawahara

 Ciri - ciri pada karburator PE 28 Kawahara ini sama seperti pada PE 28 milik TDR yang memiliki pelampung berwarna Putih namun tidak dapat di setel, Jarum Skep sudah mengusung model racing dan dapat di setting, pada Mangkuk Karburator juga terdapat logo Kawahara kode part ketrikan.

Berikut merupakan spesifikasi dari Karburatoe PE 28 TDR :
* Body : Halus/Rapih, warna gelap
* Ukuran PJ : 42
* Ukuran MJ : 152
* Warna Pelampung : putih, tidak dapat disetel
* Warna Jarum Skep : -

Kisaran harga untuk karburator PE 28 Kawahara yakni antara Rp 650.000 - Rp 850.000

Untuk beberapa tipe dari karburator PE 28 diatas itu merupakan ciri-ciri dan harga barang asli/original. Harga dapat berubah sewaktu-waktu karena tergantung penjual, namun harga pasaran karburator PE 28 memang seperti apa yang telah disebutkan. Sebelum Anda membeli karburator yang satu ini, hendaknya Anda mengetahui cirinya terlebih dahulu karena dalam dunia pasar, penjualan barang yang bukan original atau terkenal dengan julukan KW itu banyak peredarannya. So, berhati-hatilah dalam membeli barang yang satu ini.

9 comments:

  1. menurut mas bro mana yang bgus buat new satria f150

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya, mendingan pake originalnya Niinja kang.. Saya pernah pake buat d supra, yg PE28 dbandingin sama yg ori Ninja lebih enak yg ninja kang .. :-)

      Delete
  2. Klo untuk Tiger Revo 2007 yang cocok apa ya Mas Bro?

    ReplyDelete
  3. Kalo yamaha byson enak pake karbu yang mana gan??

    ReplyDelete
  4. Untk jupiter mx yg bgus pkai yg mna ?

    ReplyDelete
  5. Untk jupiter mx yg bgus pkai yg mna ?

    ReplyDelete
  6. Kalo yang pe kawahara enak gak gan untus FU??

    ReplyDelete