Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Tuesday 27 August 2013

Korek Rx-King Menggunakan Starter

Mesin 2 Tak (Rx-King) Pake Starter 
Pada motor yang beraliran mesin 2 tak, Sudah tentu Anda juga mengenal dengan motor yang satu ini. Motor sport yang dijuluki si raja jalanan ini pada awal perakitanacikan nya tidak disertai dengan elektik starter. Namun seiring berkembangnya teknologi, Rx King yang dimodif oleh tangan Evnu Prastowo dari Tole Motor kini menjadi suatu hal yang berbeda.
Rx King racikan om Evnu ini memang patut diacungi jempol. Dengan idenya yang ingin tampil berbeda dari yang lain, al hasil Yamaha Rx King tahun 2000 ini kini menjadi mesin yang memiliki elektrik starter. Lah, Rx King dibikin memakai starter, Kok bisa ya ..?

Dizaman yang serba cangih dan praktis ini tentu saja hal tersebut bisa dilakukan jika Anda menekuni dan diimbangi dengan kesabaran saat melakukannya. Karena jika mengerti tentang mesin, semua hal yang berhubungan dengan mesin tentunya sudah bisa terbayangkan atau ditebak apa saj yang dibutuhkan untuk memberikan starter pada Rx King yang Anda miliki ini.
Konsep Rx-King yang dibikin bergaya street fighter ini hanya untuk mendukung konsep modifikasinya saja. Namun bagi motor yang biasa dimodif untuk road race atau drag ini tentunya sudah tidak aneh lagi jika kedua hal ini terpampang pada Rx King.

Dengan suara yang terkenal bising ini memang menjadi ciri khas dari motor 2 tak. Namun meskipun begitu Rx King memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan motor 2 tak lainnya.
Mari kita perhatikan,

Mesin Rx King 2000 Dipasang Starter

Sebelum kepada pemasangan elektrik starter, tentunya kita harus mengetahui juga kegunannya untuk apa. Fungsi dari elektrik etarter ini adalah sebagai penggerak pinion yang disuplai listrik dari switch starter atau suka disebut dengan bendik. Dan switch atau bendik ini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari aki/ baterai ke dinamo/motor starter. Sedangkan dinamo/motor starter ini berfungsi sebagai penggerak awal pada suatu putaran mesin. Dan sebagai pemutus atau penghubung arus ini dibutuhkan saklar. Jadi, dimana ketika saklar ditekan maka semuanya akan bekerja menurut fungsinya masing-masing. Dengan dipasangnya elektrik starter ini maka sang pengguna Rx King atau motor lainnya yang menggunakan starter sudah tidak harus melakukan sistem engkol untuk menghidupkan mesin.

Berikut spare part yang di perlukan untuk memberikan elektrik starter yakni :
- Switch starter/bendik
 Switch starter/bendik ini bisa menggunakan bendik motor apa saja yang penting masih berfungsi dengan baik. Fungsinya switch starter adalah sebagai sakalar penghubung/pemutus start-off yang bekerja pada saat kunci kontak berada diposisi ON.
Switch Starter

- Motor Starter/dinamo starter
 Motor starter yang berfungsi sebagai pengubah energi listrik yang berasal. dari baterai menjadi energi mekanik atau energi gerak. Tenaga yang dihasilkan sebagai penggerak awal untuk memutarkan poros engkol mealui roda penerus atau fly wheel sehingga proses kerja mesin dimulai dari langkah hisap, kompresi, usaha dan buang dapat terjadi dan mesin dapat hidup. Motor starter yang digunakan pada rx king memakai punyanya honda vario.

Motor Starter
 Cara pemasangan yang dilakukan adala sama saja dengan motor pada umumnya, Karena cara kerja dari dinamo starter adalah untuk menggerakan gir pinion, yang seterusnya gir pinion yang meneruskan daya gerak ke gir starter yang berada di crankcase dibagian blok sebelah kiri. Penempatan elektrik starter ini harus benar-benar pas, yakni dibawah crankcase dan dibikin tiga lubang untuk dudukan. Posisi ini sangat aman, karena posisi ini tidak merusak bagian lain dan tidak mengganggu kinerja motor starter ini.
Pemasangan elektrik starter agak susah mencari posisi yang pas pada motor tipe 2 tak lainnya. Jadi ini merupakan salah cara sebagai pencerahan bagi pengguna rx king lainnya.
Silahkan dan selamat mencoba kawan.
Bingung kemana mencari karena ingin membeli rx king, ini solusinya http://www.pricearea.com/result/rx+king . Semoga ulasan ini bermanfaat ya...

 Sumber -   ;   - otomotifnet.com - Tole Motor

0 comments:

Post a Comment