Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Thursday 28 March 2013

Roller Pengaruhi Harga Motor Anda Ketika Dijual

Sebagai seorang bikers yang mempunyai tunggangan masing-masing selalu saja merasa kurang puas terhadap performa motornya, khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan Matic. Karena harga motor Matic pun kini bisa dibilang sangat terjangkau.
Banyak cara yang dilakukan untuk merubah performa kendaraan mulai daeri segi penampilan luar dengan mengganti striping standar ke dalam striping variasi atau thailand, hingga dari tampilan dalam mesin, atau istilah gaul nya mengorek mesin. Untuk motor matic hal yang paling penting diperhatikan adalah pada mesin yaitu dibagian v-belt dan bagian roller. Dalam hal ini untuk para bikers yang ingin meningkatkan performa dari motor matic anda diantaranya anda dapat merubah bagian Roller.

>>Fungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter menjadi lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.
Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller pada motor matic Anda. Maklum, karena kini banyak yang menggunakan motor matic. Jadi harga motor metik pun mulai turun karena banyak kompetitor. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.
Prinsip kerja Roller pada dasarnya sebetulnya mirip sekali dengan Gear set, pada sepeda motor yang memiliki system penggerak rantai. Karena skutik menggunakan V-belt didalam menggerakan roda dengan melalui perputaran Kruk as roda yang sebelumnya diputar oler V-belt.

Cara Meningkatkan Performa, Akselarasi dan top speed :
Untuk para bikers yang ingin matic nya menjadi kencang atau nyaman berkendara sesuai medan, langkah yang harus anda lakukan adalah : Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel dari variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Akselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam hal ini sebuah motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam mengutak-atik roller, Anda hanya akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu : Aselerasi atau Top Speed.

Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, Tentu rentan dengan yang namanya kemacetan, kondisi yang macet iini yang membuat anda melakukan stop and go dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan Anda sebaiknya adalah Akselerasi. Akselerasi akan lebih baik bila Roller memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi akselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.

Namun jikaAnda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh. Pilihan Top Speed sangat cocok dipergunakan. Top speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan yang lebih berat dari berat standard, misalnya dengan Roller 14 Gram. Biasanya performa seperti ini banyak diterapkan oleh kendaraan matic Yamaha Mio dan Honda Beat maupun Vario.

Cara Membeersihkan Roller :
Semakin sering motor dipakai, maka roller akan semakin kotor pada bagian dalam mesin, begitupun dengan Roller. Kebanyakan dari Roller yang lama belum diganti akan menjadi terkikis dan tidak bundar lagi. Membersihkan Roller secara berkala juga sangat diperlukan, dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.
Untuk Roller yang sudah memiliki bentuk tidak bundar lagi,sebaiknya harus diganti dengan yang baru, karena jika tidak diganti kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap kinerja V-belt dan bagian-bagian yang mendukung berputarnya roda. Sehingga performa motor matic anda akan berkurang dan itu berpengaruh terhadap harga motor anda ketika dijual.


0 comments:

Post a Comment