Sponsor

Sponsor
Kuningan News

Tengok Spesifikasi Yamaha YZF R15

Inilah spesifikasi mesin Yamaha R15. Motor ini mewarisi supersport model YZF-R1, tambah atraktif dengan desain baru dan transmisi 6 kecepatan.

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian

Pada segmen kali ini Saya akan berbagi sedikit mengenai pengalaman Saya tentang Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian.

Yamaha YZF-R25 Pesaing Honda Dan Kawasaki 250cc

Setelah lama ditunggu-tunggu akhirnya kini terjawab sudah, dengan kemunculan Yamaha YZF-R25 di video teaser yang dirilis oleh Yamaha Motor Company Jepang (YMC) pada pekan lalu.

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion

Lakukan Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion- Khusus bagi pemilik Yamaha Jupiter MX.

Intip spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2104 Terbaru

Harga Honda Blade 125 PGM-FI Rp 16.050.000 berlaku untuk tipe repsol. Maka dari itu marilah kita Intip spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2104 Terbaru.

Saturday, 24 May 2014

Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style

Istilah Modifikasi memang seakan tidak akan pernah mati dalam dunia otomotif, salah satu contohnya adalah pada Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style yang satu ini. Pemuda asal kota kuda yakni Kuningan - Jabar yang akrab dipanggil dengan julukan Mr. Ba'onk ini sengaja mengambil konsep ala Thailand ini karena beliau ingin memiliki sesuatu hal yang berbeda dari yang lain.

Dalam dunia modifikasi, sang 'mpu bebas memilih aliran dan konsep modifikasi motor yang dia suka. Pasalnya, dalam menentukan aliran modifikasi apa yang ingin mereka tempelkan pada kendaraannya agar terlihat berbeda dari yang lain itu merupakan selera masing-masing dan dapat menjadi ciri khas kepribadian sang pemodif itu sendiri. Dengan memodifikasi juga sang 'mpu bertujuan untuk menyalurkan hobinya sebagai anak motor. Bukan hanya hobi saja yang disalurkan melalui motor kesayangannya ini, tetapi perwujudan karakter si pemilik juga dapat terbaca melalui hasil karyanya.

Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style
Modifikasi Honda Supra Fit New
Dengan perpaduan beberapa warna yang di tempelkan pada Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style ini menjadikan motor yang satu ini begitu terlihat mempesona. Apalagi dengan baluran chrome pada bagian shok depan, blok mesin, sampai pada bagian kaliper cakram depan maupun belakang pun rapih dibaluri dengan chrome. Ini alasan Saya kenapa motor yang satu ini layak untuk dijadikan referensi bagi yang lain.

Dengan tambahan double disk brake, menjadikan Honda Supra Fit New ini terlihat begitu keren. Bukan hanya tambahan rem belakang yang dijadikan cakram, tambahan beberapa aksesoris motor dan stiker yang terpasang pada si motor pun terlihat sangat serasi pada si motor. Itulah kenapa alasannya motor ini patut dijadikan contoh untuk yang lain. Selain dengan tambahan aksesoris, perpaduan warna yang serasi meskipun sedikit terlihat terlalu banyak warna yang digunakan, namun jika dilakukan dengan hasil yang rapih seperti yang satu ini tentunya membuat si motor terlihat berbeda.

Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style
Double Disk Brake + Chrome
Pada bagian belakang si motor, tentunya mungkin Anda akan penasaran dengan budget yang dikeluarkan untuk melakukan modifikasi seperti ini. Karena pada bagian belakang terlihat dengan kedua velg yang menggunakan velg racing alumunium, shok breaker racing YSS, tambahan pelindung knalpot yang dipasang pada knalpot bagian belakang dan yang paling menonjol adalah dengan bagian rem belakang yang dipasang rem cakram belakang.

Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style
Tampilan Belakang Modifikasi Honda Supra Fit New
Berikut rincian dari hasil modifikasinya :
* Balutan cat crome pada bagian shock depan, blok kopling dan blok magnet, foot step belakang, tromol depan dan belakang, standar 1 dan 2 dan pada kaliper cakram belakang.
* Master dan tabung minyak rem depan racing
* Piringan cakram depan racing
* kaliper depan racing
* Rem belakang menggunakan cakram, kaliper cakram belakang brembo 1 piston
* Shok Breaker belakang racing merek yss
* Knalpot dengan tambahan tutup pelindung
* Velg Racing Alumuniaum depan belakang

Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style
Modifikasi Honda Supra Fit New
Bagaimana dengan hasil Modifikasi Honda Supra Fit New Ala Thailand Look Style ini, apakah Anda terinsfirasi ..? Jika Anda ingin mencari, banding harga ataupun ingin membeli aksesoris motor, spare part motor atau perlengkapan berkendara melalui media online, Saya rekomendasikan marketplace elevenia.co.id sebagai media online pencari kebutuhan motor Anda.

Sebagai penutup, Saya ucapkan terima kasih kepada Kang Ba'onk yang  telah bersedia menjadi sumber dan terima kasih juga kepada Anda karena telah sempat mampir disini. Terima kasih Kawan Motor, salam motorarea.blogspot.com.

Thursday, 22 May 2014

Intip Spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru

Pada beberapa waktu lalu, pabrikan yang berlambang sayap asal Jepang yakni Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua motor bebek sekaligus yakni Honda New Supra X 125 PGI-FI dan Honda Blade 125 PGM-FI. Kedua motor ini sengaja diluncurkan dengan mengusung teknologi injeksi yakni pabrikan ingin memenuhi janjinya yang ingin menjadikan seleuruh varian motor pada tahun 2014 terbarunya ini mengusung teknologi Injeksi, entah itu dalam varian bebek maupun matic ataupun pada varian sport.

Pada artikel sebelumnya, Motor Area telah membahas tentang Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM. Nah, pada segmen kali ini, Motor Area akan membahas sedikit tentang spesifikasi Honda Blade 125 PGM-Fi. DImana blade pada sebelumnya hanya memiliki kapasitas mesin 110cc, kini dengan rilisan terbarunya, Honda merilis blade dengan banyak bagian yang mengalami perubahan dari versi sebelumnya.

Intip Spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru
Honda Blade 125 PGM-FI
Jika dilihat secara sekilas, motor bebek yang satu ini memang ditujukan untuk para pecinta motor racing. Kenapa begitu .? Coba perhatikan pada bagian body si motor, jika dilihat dengan secara mendetail, maka kesan motor racing akan langsung terlihat tentunya dengan berbagai emblem banyak tulisan yang menghiasi stripping pada seluruh body motor. Jika Anda mengamati Honda Blade 125 secara detail, maka Anda akan melihat apa sajakah yang berubah pada motor honda yang satu ini dari versi sebelumya.

Untuk tahun 2014 ini, Honda membanderol Honda Blade 125 PGM-FI ini dengan Rp 15.350.000 untuk tipe S yang tidak dilengkapi dengan disc brake bagian belakang. Sedangkan untuk tipe middlenya yaitu Honda Blade 125 PGM-FI tipe R yang dilengkapi dengan disc brake belakang dibuka dengan harga Rp 15.850.000,-. Dan yang paling tertinggi dengan harga Honda Blade 125 PGM-FI Rp 16.050.000 berlaku untuk tipe repsol. Maka dari itu marilah kita Intip spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2104 Terbaru.


* Mesin
Sistem Suplai Bahan Bakar : Injeksi (PGM-FI/Programmed Fuel Injection)
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, Silinder Tunggal
Sistem Pendingin : Pendingin Udara
Diameter x langkah : 52.4 x 57.9 mm
Volume langkah : 124.89 cc
Perbandingan kompresi : 9,3 : 1
Daya maksimum : 7.40 kW (10.1 PS) / 8000 rpm
Torsi maksimum : 9,30 Nm (0.95 kgf.m) / 4000 rpm
Kopling : Multiple Wet Clutch With Coil Spring
Starter : Kick Starter dan Elektrik Starter
Busi : NGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9

* Rangka
Tipe Rangka : Tulang punggung
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan ayun dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan : 70/90-17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90-17 M/C 44P
Rem Depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal untuk Tipe CW dan Tromol untuk Tipe SW

Intip Spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru
Intip Spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru
* Kelistrikan
Tipe Baterai / AKI : MF Battery 12V - 3.0 Ah
Tipe Pengapian : Full Transistered
Tipe Busi : NGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9

* Dimemsi
(P x L x T) : (1.902 x 707 x 1.103) mm
Jarak Sumbu Roda : 1.235 mm
Jarak Rendah ke Tanah : 136,5 mm
Berat Kosong : 106 kg (Tipe CW) dan 104 kg (Tipe SW)

* Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar : 4,0 liter
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0.7 liter pada penggantian periodik


Kesimpulan dari spesifkasi diatas jika dibandingkan dengan spesifikasi blade versi sebelumnya, Honda Blade 125cc ini memiliki banyak perubahan. Dengan kapasitas tangki menjadi lebih banyak menampung bahan bakar, Lampu utama yang menjadi lebih terang karena dengan disematkannya teknologi multireflektor yang digabungkan dengan visor yang membuat lebih sporty, Knalpot sporty muffler yang memiliki desain lebih unik serta tentunya kapasitas mesin atau cylinder yang lebih gede yakni 125cc.

Perubahan desain minor yang terjadi pada Honda Blade 2014 terlihat hanya mengalami sedikit perubahan, namun hal ini dilakukan agar kesan sporty dari motor racing yang satu ini akan lebih terasa. Alasan pabrikan honda tidak merubah banyak dari segi desain honda blade 2014 yakni karena Honda mengklaim bahwa desain body kit dari Honda Blade pada varian sebelumnya masih banyak disukai oleh kalangan masyarakat. Yang pada initinya, Honda hanya ingin menambah kesan dan terlihat lebih sporty dan berjiwa lebih. Sehingga hal ini disesuaikan dengan dilakukannya perubahan secara keseluruhan untuk dapur pacu yakni dapat dilihat dari Intip spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru ini.

Intip Spesifikasi Honda Blade 125 PGM-FI 2014 Terbaru
Modifikasi Honda Blade 125 PGM-FI
Dengan begitu Blade rilisan terbaru dari honda ini kini semakin sporty dan memiliki daya gedor yang meningkat. Jika Anda ingin memberikan sentuhan-sentuhan lain seperti memberikan aksesoris motor lainnya, Anda dapat melihat, membandingkan dan membelinya di marketplace elevenia.co.id. Di situs online yang satu ini terdapat banyak spare part motor, aksesoris motor, sampai perlengkapan keamanan berkendarapun terdapat disini seperti pelindung kaki, pelindung tangan dan pelindung kepala atau helm.

Sebagai penutup, Saya ucapkan terima kasih untuk Anda karena telah mampir dimari Kawan Motor !!!

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian

Assalamu'alaikum wr. wb.

Heii Kawan Motor !! Berjumpa lagi di MotorArea. Pada segmen kali ini Saya akan berbagi sedikit mengenai pengalaman Saya tentang Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian. Motor yang Saya gunakan sejak tahun 2008 kelahiran tahun 2004 ini tentunya merupakan motor bebek 4 tak yang memiliki umur kurang lebih 10 tahun, yang artinya umur 10 tahun pada kendaraan ini tentunya sudah termasuk tua, hehe.. Karena terbilang sudah uzur, Supra x memiliki keluhan terhadap performa si mesin yang terasa semakin berkurang atau semakin loyo tentunya, ya sama saja kaya kita makhluk hidup, semakin berumur semakin loyo mungkin. he...

Sebagai motor yang digunakan untuk harian, performa si motor tentunya sangatlah menentukan ketika kita gunakan untuk keperluan, apalagi ketika terburu-buru atau menempuh jarak jauh dan sebagainya. Untuk meningkatkan performa Honda Supra X agar mendapatkan hasil yang sempurna tentunya perlu mengganti beberapa spare part. Pada Honda Supra ini Saya ganti beberapa part seperti karburator, seher, Spull, CDI, Koil dan pada bagian kopling. Tidak mau panjang lebar, langsung saja deh perhatikan ulasan dibawah ini.

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Modifikasi Honda Supra X
* Yang pertama diganti adalah Karburator standar dengan Rx King

Fungsi Karburator adalah :
a. Mengatur perbandingan campuran udara dan bahan bakar.
b. Menjadikan campuran tersebut menjadi kabut.
c. Menambah atau mengurangi jumlah campuran sesuai dengan kecepatan dan beban motor yang berubah-ubah.

Menurut fungsinya diatas, Karburator adalah komponen esensial pada mesin kendaraan Anda. Menjalankan peran utama sebagai alat untuk mencampur bahan bakar dan udara yang akan menuju ke ruang pembakaran dalam. Sehingga menurut Saya pergantian karburator ini sangat diperlukan. Dengan mengganti karburator bawaan supra x yang diganti dengan menggunakan milik Rx King + Manipul Mio, tentunya perubahan yang dilakuklan ini memberikan perubahan yang sangat signifikan.

Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Spare Part Honda Supra X
* Pergantian Seher dengan diameter yang lebih besar

Pada bagian piston, sebagaimana yang banyak dilakukan para koreker yang percaya bahwa dengan mengganti seher bawaan yang diganti dengan diameter yang lebih besar, maka performa si motor akan lebih berasa meningkat. Pada nyatanya memang terasa meningkat dengan mengganti seher bawaan Honda supra x sendiri yang diganti dengan seher yang berdiameter lebih besar. Untuk seher, saya gunakan milik Jupiter Z over size 0.75. Kenapa Saya mengambilnya hanya 0.75 ..? Hal ini saya lakukan karena tujuan saya upgrade mesin disini hanya digunakan untuk harian, yang artinya mesin akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama jika dibandingkan dengan yang biasa digunakan dilintasan balap.


* Jangan remehkan Sistem pengapian, karena sistem pengapian disini memiliki peran penting juga dalam Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian.

Dengan diameter piston atau seher diperbesar dan mengganti Karburator dengan Rx King, maka hal yang harus dilakukan agar kinerja pembakaran si motor maksimal adalah dengan merubah pengapian agar mendapatkan percikan yang lebih besar. Pengapian disini sangatlah berperan penting, karena jika kita lakukan perbesaran diameter, mengganti Karburator dengan menggunakan yang lebih gede, maka dengan secara otomatis campuran udara dengan bahan bakar pada ruang pembakaran pun akan lebih banyak. Nah, jika pada sistem pengapian tidak ikut dirubah, maka yang menjadi kerugian disini adalah proses pembakaran yang kurang maksimal serta busi yang akan cepat mati. Hal ini telah terbukti pada motor saya Kawan, yang awalnya saya tidak memperhatikan pengapian, hingga keseringan ganti busi juga akhirnya saya rubah sistem pengapiannya agar menjadi lebih besar. Dengan mengganti spull menggunakan merek Fukuyama, CDI menggunakan original Shogun 110 (shogun kebo) dan untuk meningkatkannya dengan mengganti koil milik Yamaha Mio yang sisertai busi racing (iridium). Al hasil, performa yang didapat akan lebih terasa meningkat.

* Bagian kopling otomatis dirubah jadi kopling manual.

Pada bagian kopling, Saya terapkan disini dengan menggunakan kopling manual. Karena bawaan Honda Supra x sendiri adalah masih menggunakan kopling otomatis, maka dari itu saya rubah hingga menjadi kopling manual, karena kopling manual disini dapat menbantu tarikan awal si motor agar lebih agresif. Pada bagian kopling itu sendiri yang saya ganti adalah per kopling pake racing, kanvas kopling original supra x, pada bagian kampas ganda kita las paten tanpa harus copot kampas ganda, gunanya tidak dicopot karena sebagai pemberat agar putaran mesin akan lebih berasa padat. Untuk blok kopling sendiri, Saya gunakan blok original yang dirubah menjadi kopling manual dengan bentuk kopling yang serupa dengan motor kopling asli.
Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian
Blok Kopling SHonda Supra X
 Setelah beberapa bagian diatas dirubah, maka Anda akan merasakan hasilnya sendiri. Dengan performa yang memiliki peningkatan, tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri bagi Kita. Namun ketika Anda ingin melakukan Meningkatkan Performa Honda Supra X Untuk Harian seperti halnya diatas, maka hendaknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya, atau dapat juga cari referensi di media Internet sebagai acuan untuk Anda. Dibawah ini merupakan beberapa part yang diganti.

Rincian Spare Part yang diganti :

* Karburator original Rx King (Keihin)
* Seher Jupiter Z, OS 0.75mm
* Spull Fukuyama (supra x)
* CDI Shogun 110 (shogun kebo)
* Koil Yamaha Mio
* Busi Racing (Iridium)
* Per Kopling Racing
* Kanvas kopling Original Supra X (AHM)
* Blok Kopling Rubahan

Bagi Anda warga Kuningan - Jabar, Saya rekomendasikan bengkel untuk membantu dalam merawat atau meningkatkan performa motor Anda. Anda dapat kunjungi bengkel Shinta Motor, untuk selanjutnya dapat dilihat di http://motorarea.blogspot.com/2014/04/merawat-sepeda-motor-di-bengkel-shinta-motor-dijamin-memuaskan.html.

Monday, 19 May 2014

Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM

Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM - Pada tahun 2014 ini pabrikan Honda nampaknya tak akan menyerah begitu saja. Tak ingin ketinggalan dari rekan seterunya yakni Yamaha yang tengah ramai dengan varian seportnya, PT Astra Honda Motor (AHM) memperbarui motor legendaris yakni seri Supra X dengan meluncurkan New Honda Supra X 125 FI, dengan tampilan terbaru dan mesin handal yang telah mengadopsi teknologi injeksi PGM-FI serta beragam fitur terbaik di kelasnya ini disematkan untuk rilisan terbarunya ini.
Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM
Honda New Supra X 125 FI
Sumber image : Otomotifnet.com
Dengan desain terbarunya ini, Honda mengembangkan rilisannya pada tanggal 26 Februari 2014 di Senayan. Dengan desain terbaru yang berkonsep ramping dan sporti, diperkuat melalui garis-garis tajam yang dinamis dan agresif sehingga terlihat lebih maskulin. Selain itu, Honda menyisipkan teknologi PGM-FI yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, serta memiliki peningkatan performa akselerasi yang lebih baik. Sehingga motor bebek rilisan terbaru dari Honda ini mampu menempuh jarak 61,8 Km per Liter.

Dengan rilisan terbarunya ini, tentunya pabrikan Honda memberikan penyegaran baru dengan menambahkan fitur-fitur terbaru juga tentunya. Dengan banyaknya perubahan yang dilakukan, Honda tentunya berharap dengan rilisan motor bebek terbaruya ini akan tambah meningkatkan nilai penjualan motor Honda dipangsa pasar. Dengan balutan stripping yang khas milik Honda yakni dengan dibalut dengan stripping yang tajam membuat tampilan Honda New Supra X 125 FI ini terlihat sporty dan modern. Selain itu, penyegaran pada bagian velg, dengan velg yang dipasang yang memiliki ukuran yang lebih ramping pada cakram-cakramnya yang membuat motor ini tampak lebih sporty. Pada Stoplamp (Tail Light) juga kini telah menggunakan teknologi LED. Sehingga Honda New Supra X 125 FI terlihat lebih stylish.

Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM
Honda New Supra X 125 FI
Setelah kita lihat pada bagian desain, kini fitur terbaru yang diterapkan pada motor rilisan terbaru honda ini yakni dengan disisipkannya Fitur-fitur baru lainnya yakni dengan ditanamkan  fitur Socket sebagai tempat untuk pengisian baterai dari perangkat elektronik atau gadget Anda seperti Handphone yang disebut fitur charger HP. Sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan baterai pada gadget jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Selain itu, Kunci kontak joknya hadir dengan teknologi baru yakni mengintegrasikan kunci kontak dan jok yang menjadi 1 lubang, sehingga akan memudahkan Anda dan tentunya lebih praktis. Teknologi pengaman kunci kontak bermagnet otomatis yang ada pada Supra X FI 2014. Yang tentunya akan memberikan keamanan yang lebih maksimal pada motor. Dan 1 lagi yang merupakan fitur terbarunya yakni gantungan barang dengan pengaman juga tidak lupa disematkan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi Anda ketika membawa jinjingan belanjaan.

Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM
Fitur Charger Handphone
Dari segi dapur pacu, Honda New Supra X 125 FI telah menerapkan teknologi Injeksi (PGM-FI) yang tentunya siap memberikan performa mesin yang akan lebih maksimal. Dengan menggendong mesin bertipe 4 langkah, SOHC PGM-FI berkapasitas 124,8 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,63 PS / 7.500 rpm dan torsi sebesar 1,08 kgf.m / 5.500 rpm. Motor yang memiliki kapasitas 125cc juga termasuk sangat irit, yakni hanya dengan satu liter mampu menempuh jarak hingga 61.8 Km jika cara berkendara Anda tidak ugal-ugalan. Karena dengan cara berkendara juga mampu mempengaruhi boros tidaknya bahan bakar yang digunakan.


Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM
Tampilan Belakang New Supra X 125 FI
Setelah kita ulas fitur-fitur terbaru dari motor rilisan Honda, mari kita Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM.

Harga New Supra X 125 FI CW : Rp16.500.000,-
Harga New Supra X 125 FI SW : RP15.425.000,-


Mesin
Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC, Silinder Tunggal, Kelas 125 cc
Volume Langkah : 124.89 cc
Diameter X Langkah : 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi : 9.3 : 1
Daya Maksimum : 7.40 kW (10.1 PS) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum : 9.30 Nm (0.95 kgf.m) / 4.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 0.7 liter pada penggantian periodik
Tipe Kopling : Multiple wet Clutch with Coil Spring
Tipe Transmsi : 4 kecepatan, rotary
Pola Pengoperan Gigi : N - 1 - 2 - 3 - 4 - N
Tipe Starter : Kick Starter dan elektrik starter

Rangka
Rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan suspensi ganda
Ukuran Ban Depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran Ban Belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem Depan : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem Belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal (CW) | Tromol (Std)

Dimensi
Panjang X Lebar X Tinggi : 1.918 x 709 x 1.101 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.235 mm
Jarak terendah ke tanah : 136.5 mm
Berat kosong : 106 kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 4.0 liter

Kelistrikan
Tipe Battery : MF 12V - 3.0 Ah
Busi : NGK CPR6EA-9 / ND U20EPR9
Pengapian : Full Transisterized


Setelah kita mengetahui fitur dan setelah Intip Spesifikasi Honda New Supra X 125 FI 2014 Rilisan Terbaru AHM, kini Kami coba berikan referensi untuk Anda jika Anda ingin membeli spare part atau aksesoris motor. Selain dibengkel-bengkel terdekat langganan Anda, kini telah banyak dijual spare part atau aksesoris motor melalui media online. Seperti halnya di marketplace elevenia.co.id, dimana disitus online yang satu ini Anda dapat membandingkan atau membeli barang yang Anda cari secara online. Berbelanja di elevenia.co.id sangat aman dan menjamin memberikan kepuasan kepada konsumen, dengan pengiriman yang cepat dan terpercaya, membuat banyak situs belanja online lainnya merasa tersaingi oleh situs online yang satu ini.

Terima Kasih telah berkunjung dimari Kawan !!!

Wednesday, 14 May 2014

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion

Anda Pemilik Yamaha Jupiter MX ?? Lakukan Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion- Khusus bagi pemilik Yamaha Jupiter MX, ada cara jitunya untuk meningkatkan performa motor bebek yang satu ini. Dengan bore up atau upgrade mesin, inilah merupakan cara yang sangat jitu untukmeningkatkan performa motor Anda. Namun bagi pemilik Jupiter MX, mungkin cara ini yang paling aman untuk meningkatkan performa pada MX Anda.

Bagi Anda pecinta kecepatan, mungkin pada saat ini telah banyak blok-blok piston variasi untuk bore up dari 58,5 mm, 60 mm sampai 72 mm. Pada intinya mereka ingin mendapatkan volume cilinder (cc) untuk tenaga yang lebih besar, karena hanya dengan tenaga yang besarlah para speedlover akan merasa puas. Namun jika Anda melakukan bore up atau upgrade mesin seperti halnya pada Jupiter MX yang awalnya hanya memiliki kapasitas mesin 135cc, maka jika dilakukan bore up kapasitasnya pun dengan secara otomatis akan bertambah. Yang menjadi pertanyaan disini adalah Apakah si motor bisa dipakai harian atau hanya untuk ajang balap saja ..?
Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Yamaha New Jupiter MX
Spesifikasi yang dimiliki Yamaha Jupiter MX yakni dengan perbandingan (bore x stroke) = (54 mm x 58,7 mm) maka kapasitas yang dimiliki yakni sebesar 135 cc. Dimana dengan prinsip everstroke / longstroke tersebut pada umumnya mampu mendongkrak putaran bawah yang lebih besar, dan memiliki kompresi rasio yang lebih padat yang artinya akan lebih hemat bahan bakar dan akan menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah. Sedangkan jika dibandigkan dengna Yamaha V-ixion yakni memiliki spek (bore x stroge) = (57 x 58,7 mm) dengan kapasitas yang diperoleh yakni sebesar 150 cc.

Dengan bertipikal square menyebabkan para penyuka kecepatan mulai melirik mengaplikasikan piston tersebut guna meninggalkan beberapa kekurangan dari mesin longsquare dan mengejar karakteristik mesin square. Dikutip FYI, jika ukuran bore sama dengan stroke atau rasio bore – stroke sama dengan 1, maka di sebut mesin square, umumnya rasio bore – stroke berkisaran 0.95 - 1.04 disebut mesin square. Beberapa keunggulan tipe mesin square yang hampir merata di semua rentan rpm, baik rpm bawah, tengah maupun pada rpm atas. Apalagi blok mx dengan vixion sama baik teknologinya seperti Diasil Cylinder, Foged Piston, sampai liquid cooling yang membedakan hanya pada ukurannya saja.

Okk, disini Kami perkenalkan beberapa part yang diperlukan untuk Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion, Karena disini tujuannya akan di bore up menggunakan v-ixion, tentunya part yang dibutuhkan juga milik Yamaha V-Ixion yakni :

1. Blok Cylinder Yamaha V-Ixion dengan seri (3C1-E1311-00)
2. Piston dengan seri (3C1-E1631-00)
3. Ring Piston SET dengan seri (3C1-11603-00)
4. Pin Piston dengan seri (3C1-E1633-00)
5. Gasket Head Cylinder dengan seri (3C1-E1181-00)
6. Noken As dengan seri (3C1)

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Engine MX + Spare Part Vixion
Setelah part yang diperlukan komplit, perhatikan pula beberapa bocoran langkah berikut ini.

1. Membubut boring luar dari blok Vixion tersebut, hal ini dilakukan Karena antara blok MX dengan Vixion ini memiliki ketebalan yang berbeda, sehingga apabila dilakukan pemasangan secara langsung, maka akan ada yang menyangkut pada pertengahan lubang blok. Sebagai referensi untuk Anda, jadikan saja diameter luar boring tersebut menjadi 67 mm, sehingga masih ada sisa 3 mm (Ukurannya kurang lebih dikurangi 5 mm). Namun Anda jangan khawatir, jika Anda tidak ingin ribet, pada saat ini telah banyak yang menyediakan paket bore up kit Vixion 150cc dengan blok yang tinggal pnp.

2. Setelah hal diatas selesai, selanjutnya yakni pemuaian pada lubang crankcase MX yg memiliki diameter 70mm.

3. Nah, langkah selanjutnya untuk mengembalikan kompresi mesin yang sejatinya menurun karena akibat profile dari piston Vixion maka diperlukan penyesuaian. Lakukan penyesuaian dengan mencopot gasket blok yang memiliki ketebalan sebesar 0,45 mm diganti dengan lem threebone namun cara ini sedikit memiliki kekurangan karena rambatan panas hasil pembakaran diblok lebih mudah mencapai crankcase sehingga nantinya panas yg dihasilkan akan lebih tinggi pada mesin bagian bawah dan ada kemungkinan lem threebone tidak kuat menahan kompresi mesin untuk pemakaian jangka panjang, atau cara paling aman adalah membubut permukaan blok bawah sebanyak 0,5 mm (street performance) atau 0,8 mm (race use) yg tujuannya adalah memperpendek volume ruang bakar. Dan hal itulah merupakan cara amannya.

4. Untuk menjaga tenaga putaran bawah atah rendah, Pin Dekompresi Dicabut. Karena dengan cara inilah untuk mempertahankan kompresi pada putaran mesin rpm rendah lebih terisi dan tetap responsif.

5. Tutuplah selang AIS, menutup selang AIS bisa dengan baut apapun asal bisa menutup selang yang dari filter udara ke AIS untuk menarik udara. Karena jika hal ini terlewat atau terlupakan, maka berpengaruh terhadap kinerja mesin itu sendiri.

6. Pada Yamaha Jupiter MX jika dilakukan penambahan cc akan menambah powerband mesin ke rpm tinggi, sehingga pada klep sering terjadi "floating", hal ini terjadi biasanya pada rpm lebih dari 12.000 rpm. Untuk menghindari hal yang satu ini, maka pergantian per klep wajib dilakukan. Gantilah per klep standar menggunakan per klep racing, karena per klep racing lebih keras dibanding standar. Tujuannya adalah untuk menghindari klep akan floating (mengapung) dan akan menabrak piston. Hal inilah yang ditakutkan.

7. Untuk ukuran standar celah klep pada MX ketika posisi mesin dingin yakni 0,10-0,14 mm untuk klep masuk (in) dan 0,16-0,20 mm untuk klep buang (ex). Namun selama ini setelan klep yang pas yakni dibikin 0,10 mm untuk (in) dan 0,15 mm untuk (ex). Ukuran ini memang relatif longgar jika dibandingkan dengan rata-rata mesin bebek lainnya, untuk motor bebek lain, kisaran setelan klep (in) 0,05-0,08 mm dan klep (ex) 0,05-0,10 mm.

8. Langkah yang terakhir adalah dengan penyesuaian spare part pendukung, dengan diperbesarnya volume mesin, maka pada sistem pengapian juga perlu diperbesar yakni dengan mengganti CDI. Yang saya rekomendasikan disini adalah pergantian CDI standar dengan CDI Racing yang memiliki rentang limiter putaran mesin yang lebih tinggi. Misalnya CDI Racing yang memilki limiter sampai 20.000 rpm. karena pembengkakan pada ruang bakar akan menggeser kurva dari powerband mesin kearah lebih tinggi, jadi jika tidak didukung dengan perbesaran pengapian maka akan percuma saja. Apabila bore up ini dilakukan tanpa menggeser limiter melebihi 9.000 Rpm, Jika diibaratkan yakni tenaga masih berjalan tetapi sudah dibatasi oleh CDI. Untuk memaksimalkan fungsi CDI, harus diganti juga Koil standar dengan Koil Racing dan busi Iridium untuk memaksimalkan pengapian. Dengan begitu, jika Anda telah mengganti part pendukung CDI Racing dan Koil Racing, maka rasakan tarikannya. Jangan lupa pula untuk menyetel ulang karburator yang digunakan, tujuannya adalah agar kinerja si mesin baru ini akan lebh sempurna.

Bore Up Yamaha Jupiter Mx Gunakan Blok Cylinder Vixion
Yamaha Jupiter MX Modifikasi
Jika semua langkah telah dilakukan dengan sempurna, maka kini Anda memiliki Yamaha Jupiter MX namun dengan mesin spek Yamaha V-Ixion. Namun jika Anda ragu, maka jangan lakukan bore up, karena bore up mesin belum tentu selalu sempurna dengan apa yang diinginkan. Sebagai rekomendasi, Saya suguhkan ulasan tentang upgrade transmisi Yamaha New Jupiter MX menjadi 6 percepatan sepertiyang telah diulas dalam artikel sebelumnya yakni pada artikel yang berjudul Korek New Jupiter MX Menjadi 6 Percepatan.

Nah, jika Anda ingin mencari atau membeli ataupun hanya untuk sekedar melakukan banding harga secara online, maka di elevenia.co.id lah tempatnya. Di marketplace yang satu ini banyak produk yang dijual dari berbagai kategori, kategori motor salah satunya. Pada kategori motor, produk yang dijual di elevenia.co.id ini memiliki harga yang relatif murah. Contohnya pada link yang satu ini http://www.pricearea.com/store/elevenia.co.id-29860?q=&cat=motor . Jika Anda ingin membeli perlengkapan berkendara ataupun aksesoris motor murah, Anda dapat kunjungi elevenia.co.id.


Terima Kasih telah berkunjung dimari Kawan !!!

Monday, 12 May 2014

Tengok Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono Pengganti Ninja 2 Tak

Tengok Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono Pengganti Ninja 2 Tak - Setelah lama menjadi perbincangan sejak tahun 2013, akhirnya motor sport milik pabrikan ternama yakni Kawasaki, kini telah resmi diperkenalkan kepada publik Indonesia pada 14 Februari 2014 lalu. Tujuan pabrikan besar ini merilis Kawasaki Ninja 250RR Mono yakni untuk menggantikan sang kakak yang masih bermain dimesin 2 tak, siapa lagi kalau bukan Kawasaki Ninja 150RR. Dengan begitu, keluarga Ninja kini bertambah dengan hadirnya Kawasaki Ninja 250RR Mono. Dan terdengar kabar bahwa Ninja 150RR 2 tak ini akan resmi diberhentikan produksinya pada bulan Juli 2015 mendatang. Maka dari itu, Kawasaki merilis motor terbarunya sebagai pengganti Ninja 2 tak agar para penggemar Ninja 2 tak yang memiliki fans yang tidak sedikit ini tidak merasa kecewa.

Tengok Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono Pengganti Ninja 2 Tak
Kawasaki Ninja 250RR Mono & Ninja 150RR
Hal-hal baru yang dipajang di motor sport ini ternyata memilki banyak kelebihan. Selain dengan desainnya yang maskulin, Ninja RR Mono ini memiliki satu silinder sehingga bobot si motor pun akan ringan. Dengan tampilan design yang menawan pada body kitnya, motor sport dari pabrikan kawasaki ini dan di lengkapi juga dengan full fairing yang patut di acungi jempol. Bagaimana tidak, motor sport terbaru milik Kawasaki ini tentunya akan menjadi sorotan karena selain memiliki design yang maskulin, spek dari mesin yang digendongnya ini sangat ramah lingkungan.

Bukan hanya dari sisi design saja yang menjadi daya pikat, dengan chassis teralis yang terbuat dari high-tensile steel, membuat Kawasaki Ninja 250RR Mono ini sangat stabil. Sehingga memberikan kenyamanan yakni dengan memberikan keseimbangan bagi ridernya yang tentunya bisa mengendarai Ninja RR Mono lebih maksimal. Jangankan untuk diajak pelan, ketika diajak bermanuver pun, motor sport yang satu sangat terasa stabil tanpa merasa khawatir akan jatuh (kecuali si pengemudinya belum lihai).

Tengok Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono Pengganti Ninja 2 Tak
Kawasaki Ninja 250RR Mono
Dengan ditanamkan mesin yang memiliki kapasitas 250cc, motor sport yang sudah menggunakan sistem injeksi dan bermesin 1 silinder ini memiliki harga yang kompetitif dipangsa pasar Indonesia. Dengan berbagai teknologi dan hal baru, dengan menghadirkan mesin baru sistem 1 silinder yang tentunya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin 2 tak. Mesin yang ditanamkan yakni menggunakan mesin injeksi berjenis Liquid-cooled, 4-stroke 1 Cyl DOHC yang memiliki kapasitas 250cc yang mampu mencapai tenaga maksimal yakni sebesar 20.6 kW / 9,700 rpm, sedangkan untuk torsi maksimal, Ninja RR Mono dapat mencapai 22.6 kW / 8,200 rpm.

Dengan memberikan kenyamanan dan eksklusifitas yang sangat maksimal bagi pecinta motor berjenis sport racing, maka Harga Kawasaki Ninja RR Mono yang cukup merogoh kocek kantong ini tentunya tidaklah main-main. Dengan melihat spesifikasi diatas, maka Kawasaki Ninja 250 RR Mono secara resmi dilepas dengan harga Rp 39.900.000,-. On The Road DKI Jakarta. Untuk wilayah lainnya mungkin motor sport 250cc milik pabrikan Kawasaki ini akan dibandrol dengan harga yang sedikit berbeda.
Tengok Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono Pengganti Ninja 2 Tak
Chassis Teralis Kawasaki Ninja 250RR Mono
Berikut merupakan spesifikasi lengkap dari Kawasaki Ninja 250 RR Mono :

Engine type :  Liquid-cooled, 4-stroke 1 Cyl DOHC
Displacement :  249 cm³
Bore x stroke : 72.0 x 61.2 mm
Compression ratio :  11.3:1
Valve/Induction system :  DOHC, 4 valves
Fuel system Fuel injection : ø38 mm x 1
Ignition : Keihin, Transistorized Ignition
Electric : Starting
Lubrication : Forced lubrication, wet sump
Maximum power : 20.6 kW / 9,700 rpm
Maximum torque : 22,6 N·m { kgf·m} / 8,200 rpm
SS 400m : 15,5 s
SS 200m : 9,7 s
Max Speed : 153 km/h
Transmission : 6-speed, return
Primary reduction ratio : 2.800 (84/30)
Gear ratios : 1st 3.000 (393/11)
Gear ratios : 2nd 1.933 (29/159)
Gear ratios : 3rd 1.444 (31/22)
Gear ratios : 4th 1.217 (28/23)
Gear ratios : 5th 1.045 (23/22)
Gear ratios : 6th 0.923 (24/26)
Final reduction ratio : 3.000 (42/14)
Clutch : Wet multi-disc, manual
Frame type : Tube diamond
Rake/Trail : 24° / 90 mm
Wheel travel front : 110 mm
Wheel travel rear : 116 mm
Tyre front : 100/80-17 M/C (52S)
Tyre rear : 130/70-17 M/C (62S)
Suspension front  : telescopic fork
Suspension rear : Bottom-Link Uni-Trak swing arm
Brakes front : Single 263 mm petal disc. Caliper: dual-piston.
Brakes rear : Single 193 mm petal disc. Caliper: Dual-piston.
Dimensions (L x W x H) : 1.935 mm x 685 mm x 1,075 mm
Wheelbase : 1,330 mm
Road Clearance : 165 mm
Seat height : 780 mm
Fuel capacity : 11 litres
Curb Mass : 151 kg


Dengan dihadirkannya Kawasaki Ninja 250RR Mono pengganti Ninja 2 Tak ini, tentunya menjadi salah satu bukti pabrikan besar asal Jepang ini dalam antusiasnya dipangsa pasar Indonesia dalam varian motor sport. Setelah meluncurkan motor terbarunya ini, apakah gebrakan-gebrakan terbarunya kelak yang akan menjadi pesaing berat para kompetitornya ditanah air ..? Kita tunggu saja kehadiran berikutnya.

Setelah membaca ulasan diatas mengenai Spesifikasi Kawasaki Ninja 250RR Mono, Kami coba rekomendasikan untuk Anda jika Anda membutuhkan aksesoris motor, spare part atau perlengkapan untuk berkendara, Anda dapat kunjungi bengkel terdekat atau dapat juga mencarinya secara online seperti halnya yang telah tersedia di elevenia.co.id. Terima kasih telah mampir dimari Kawan Motor !!!

Thursday, 8 May 2014

3 Kelebihan Yang Menjadi Keunggulan Yamaha R15

Setelah beberapa waktu diluncurkan, Yamaha R15 2014 ini merupakan motor sport terbaru milik Yamaha yang sebelumnya telah terlebih dahulu dipasarkan di India. Begitu diluncurkan, banyak peminat yang ingin memiliki motor sport Yamaha yang satu ini. Bagaimana tidak, selain desainnya yang sporty, Yamaha R15 ini juga memiliki spesifikasi mesin yang patut diacungi jempol. Bukan hanya itu, harganya yang cukup terjangkau juga menjadi salah satu faktor penyebab Yamaha R15 ini menjadi target para rider seperti Saya salah satunya. hehe...

Motor racing yang memiliki volume mesin 150CC ini yang resmi diluncurkan di Tanah Air pada Rabu, 23 April 2014. Dengan tampilan full fairing plus desain yang sangat sporty. Tentunya motor terbaru dari Yamaha ini langsung mendapatkan sambutan antusias dari pecinta motor di Tanah Air. Motor sport rilisan Yamaha ini memiliki beberapa sisi kemiripan dengan Yamaha V-ixion seperti pada bagian bodi dan spesifikasi mesin yang terkandung dalam Yamaha R15 dengan sama-sama memiliki kapasitas mesin 150cc.

3 Kelebihan Yang Menjadi Keunggulan Yamaha R15
Keunggulan Yamaha R15
 Disini sangat terlihat bahwa R15 ini lebih mengutamakan desain, handling dan performa. Ini terbukti dengan desain yang mengusung Racing Series, sehingga motor sport dari Yamaha ini Tampil sebagai motor super sport sejati. Dengan fairing dan striping yang terkini, membuat tampilan Yamaha R15 sangat sporty. Bukan hanya pada fairing dan striping, pada bagian spakbor dan didukung dengan lampu belakang atau tail light menggunakan model LED, yang tentunya ini juga merupakan nomor satu di Indonesia. Dengan posisi duduk dipisah antara pengemudi dan boncenger, membuat motor yang satu sangat terlihat sangat sedap dipandang.

Lanjut pada dapur pacu, yakni kelebihannya pada performa Yamaha R15. Dengan mengusung mesin yang memiliki kapasitas 150 cc, dengan didukung oleh 6 speed, tak luput pula untuk menjaga kestabilan suhu, Yamaha mengikut sertakan pendingin air (radiator) dan tentunya dengan teknologi pengkabutan bahan bakar terkini yakni dengan fuel injection. Yang menjadi kelebihan dari mesinnya ini yakni meskipun mengusung tipe SOHC yang artinya hanya memiliki satu noken as, namun pada katup/klep ini memilki 4 buah klep. Sehingga menjadikannya sangat rendah gesekan karena hanya menggunakan satu kem. Alhasil, selain bisa hemat BBM Yamaha R15 juga tetap cekatan untuk berakselerasi. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, Anda dapat lihat di artikel sebelumnya yakni Tengok Spesifikasi Yamaha YZF R15.

3 Kelebihan Yang Menjadi Keunggulan Yamaha R15
Performa Yamaha R15
 Setelah pada bagian mesin, yang terakhir yang menjadi sorotan selanjutnya yakni pada bagian kaki-kaki. Ini sangatlah mudah delihat dari handgrip yang desainnya yang diambil dari Yamaha R1, sehingga handgrip ini desainnya sama dengan R1. Dengan swing arm menggunakan bahan alumunium, inilah yang menjadikan R15 sangat kokoh dan stabil. Dengan swing arm alumunium, R15 diimbangi dengan pelek belakang yang menggunakan tapak lebar, untuk ukuran ban yang dipakaipun yakni sebesar 130/70-17. Sehingga daya cengkram pada aspal akan lebih stabil, dan jika dipakai untuk handling juga akan terasa sangat perfect karena ditunjang oleh posisi si pengendara ala supersport yang mendukung agar lebih stabil bermanuver.

Nah, bagaimana dengan persembahan dari pabrikan Yamaha ini ..? Apakah Anda merasa tertarik untuk memiliki motor sport terbaru dari Yamaha ini ..? Dengan dibandeerol dengan harga Yamaha R15 Rp 28 Jutaan, Anda kini telah dapat memilki motor pujaan yang memilki banyak kelebihan.

Sebagai referensi untuk Anda, jika Anda ingin membeli perlengkapan berkendara atau aksesoris motor, Anda dapat mencarinya di marketplace elevenia.co.id. Dimulai dari helm, pelindung kaki dan tangan, jas hujan sampai aksesoris motor serta spare parts motor lainnya pun terdapat di sini.
Terima kasih telah mampir dimari Kawan !!!

Monday, 5 May 2014

Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi Jalanan dan Kenali Tipenya

Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya - Aplikasi penggunaan ban untuk harian pada nyatanya tidak boleh memilih atau menggunakan ban asal-asalan. Jika Anda menggunakan sepeda motor untuk keperluan sehari-hari, tentunya kondisi jalansangatlah bermacam-macam, contohnya berlubang, berlumpur,berpasir, aspal, becek (berair) dll. Maka dari itu jika kita sebagai pengguna kendaraan sehari-hari, maka pintar-pintarlah ketika memilih tipeban untuk melewati berbagai kondisi jalanan.

Kondisi jalan memang sangat berpengaruh pada performa dan kenyamanan Anda saat mengendarai motor. Bukan hanya itu, kondisi jalanan yang basah setelah terkena hujan atau kering saat musim panas
juga memiliki resiko masing-masing. Karena itulah kita sebagai pengguna kendaraan bermotor, tentunya harus pintar memilih tipe ban yang tepat untuk motor sangat diperlukan. Ban memiliki tipe 
yang beragam yakni tipe basah, tipe kering dan tipe keduanya. Dari ketiganya ini memiliki kegunaan atau fungsi yang berbeda. Berikut Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya

* Tipe Ban Basah
Jenis Ban tipe basah ini digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe basah memiliki ciri banyaknya alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur pada ban ini bertujuan untuk
membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair, namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering. Sehingga ban tipe basah ini akan cepat habis atau terkenal dengan
istilah "gundul" jika digunakan dijalanan yang kering.
Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya
Ban Tipe Basah
 * Tipe Ban Kering
Ban tipe kering ini memiliki sedikit alur atau bahkan tidak memiliki alur sama sekali. Ban tipe basah ini memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan yang kering. Sehingga ban sangat
nyaman ketika dipakai dijalanan yang kering tanpa Anda khawatir akan terpeleset atau selip. Namun ketika ban tipe kering ini menemui jalan berair atau basah, hendaknya Anda hati-hati karena
traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah sehingga risiko terpeleset akan meningkat.
Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya
Ban Tipe Kering
 * Tipe Ban Kering dan Basah
Ban pada tipe ini memiliki fungsi yang sangat babik, yakni dapat digunakan dijalanan yang basah atau kering. Ciri dari ban ini yakni memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksinya
sangat bagus. Jenis ban inilah yang paling banyak digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Untuk membedakan jenis ban ini Anda bisa melihatnya di bagian spesifikasi yang tertera
pada ban. Biasanya pabrikan seringkali menuliskan tipe wet, dry atau wet dry. Maka dari itu sesuaikan tipe ban dengan kondisi jalan yang sering Anda lewati agar Anda tetap dalam keamanan dan
kenyamanan ketika berkendara.
Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya
Ban Tipe Kering dan Basah
 Memilih ban untuk sepeda motor memang terkesan sangat mudah dan sepele. Anda biasanya pergi ke toko ban atau bengkel dan sekaligus memasangnya, urusan pun beres. Simpel kan ..? Eits, namun hal
inilah yang harus diperhatikan. Karena fakta yang tidak bisa dipungkiri membuktikan bahwa banyak pengguna sepeda motor yang mengaku hampir celaka karena motor yang ditungganginya terpelanting
atau terpeleset saat ketika melewati medan jalan yang berbeda kondisinya ataupun ketika Anda melakukan pengereman. Maka dari itu pintar-pintarlah Anda dalam menentukan tipe, jenis dan ukuran
ban yang Anda gunakan. Sesuaikanlah dengan postur si motor dan kondisi jalanan. Berikut merupakan cara memilih atau menentukan ban yang Anda gunakan.

1. Pilih Ban Dengan Permukaan Tapak Sedang
Bagi Anda pengguna kendaraan sehari-hari, sebaiknya memilih ban dengan jenis tapak menengah atau sedang. Artinya, bukan ban yang memilki tapak lebar bukan juga tapak kecil seperti yang digunakan oleh anak-anak muda saat ini. Ban dengan telapak yang kecil memang terbukti tidak banyak menyedot tenaga dari mesin. Pasalnya, bidang yang bergesekan dengan permukaan jalan jugarelatif sedikit. Alhasil, motor akan terasa lebih enteng dan irit bahan bakar. Namun ban yang memiliki tapak kecil ini gampang sekali terpeleset, terpelanting, bahkan ban rentan pecah atau bocor. Untuk ukuran ban yang memiliki tapak sedang ini adalah ban standar pabrikan yakni 2.50 / 70/90, ban depan dan 2.75/ 80/90 belakang (untuk ukuran motor bebek), 80/90 / 2.75, depan dan90/90, 3.00 belakang (untuk motor laki) yang memiliki cc dibawah 150cc. Ban dengan telapak sedang selain tidak boros bahan bakar, motor lebih stabil dan aman. Karakter seperti inilah yang cocok untuk motor yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

2. Memiilih Tipe atau Jenis Ban Yang Tepat Sesuai Kondisi
Karena tipe atau jenis ban telah dijelaskan diatas, maka disini hanya menyarankan saja. Karena setiap pabrikan memproduksi ban dalam berbagai jenis. Melihat karakter iklim di Indonesia, dimana
perbandingan musim hujan dan kering yang seimbang, sangat disarankan untuk menggunakan jenis ban kering dan basah atau basah. Karena di Indonesia ban basah masik memiliki daya cengkram yang
lumayan kuat ketika dia berada dijalanan yang keringm namun kerugiannya jika ban basah digunakan di jalanan yang kering,. Maka ban itu sendiri akan cepat abis atau "gundul".

3. Memilih Motif atau Profil Ukiran Ban
Motif ukiran pada ban sangat berkaitan dengan kinerja ban saat melintasi berbagai karakter jalanan, baik itu basah maupun kering. Bagi Anda yang menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari,
maka disarankan gunakanlah ban dengan motif ukiran yang searah. Motif ukiran ban memangla bermacam-macam. Namun, umumnya pabrikan mengukir ban produk mereka searah yakni miring atau menyamping
dengan sudut 45 derajat dari depan ke belakang. Hal ini dimaksudkan agar ban mampu menyingkirkan air ke samping dan permukaan ban tetap mampu mencengkeram permukaan jalan. Dengan demikian,
motor tetap stabil dan pengendara tidak akan kehilangan kendali ketika melewati jalan basah.

4. Pahamilah Kode Pada Ban
Kode yang harus Anda pahami tidak hanya sebatas ukuran ban baik dalam ukuran metric maupun inci saja, tetapi juga kode produksi. Hal itu dimaksudkan agar Anda tidak salah memilih ban yang sesungguhnya sudah kedaluwarsa. Pada umumnya, pabrikan merancang masa kedaluwarsa ban produknya yakni lima tahun setelah dibuat lalu dipasarkan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Tips Memilih Ban Yg Tepat Sesuai Kondisi jalanan dan Kenali Tipenya untuk cuaca di Indonesia. Jika Anda ingin mencari ban secara online, Anda dapat
melihatnya di marketplace elevenia.co.id. Atau sebagai referensi untuk Anda jika ingin mencari tipe ban lainnya, Anda dapat kunjungi link berikut http://www.pricearea.com/result/ban/?cat=motor

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing - Footstep pada sepeda motor memiliki fungsi yakni sebagai tempat pijakan kaki saat Anda berkendara. Menurut fungsi dari footstep ini sendiri tentunya Anda juga mungkin telah mengetahui bahwa sebuah komponen yang satu ini sangat berpengaruh besar terhadap kenyamanan Anda ketika berkendara. Oleh karena itu, posisi sebuah footstep ini seharusnya sangat ideal dengan posisi duduk Anda agar ketika berkendara jaraj dekat atau jarak jauh, kaki tidak akan mudah merasa pegal.

Pada sepeda motor, Footstep memiliki 2 jenis, yakni footstep standar bawaan pabrikan dan footstep racing atau yang sering dikenal dengan Footsrep Underbone. Jenis footstep standar atau bawaan pabrikan ini tentunya dipasang dengan posisi yang sangat ideal karena telah melalui test uji coba. Namun berbeda dengan footstep underbone, footstep yang satu ini tentunya memiliki perbedaan bentuk dan jenis antara merek satu dengan merek lainnya. Sehingga jelas dengan berbedanya merek, bentuk dan jenis, footstep underbone ini memiliki faktor kelebihan dan kekurangan.

Pada dunia balap, mungkin Anda akan melihat dan bertanya kenapa setiap motor yang digunakan untuk balapan memakai footstep undrbone .? Hal ini berlaku karena setiap motor balap tentunya harus memenuhi persyaratan keamanan dan kenyamanan si pengendara. Maka dari itu, bagi setiap motor yang digunakan diarena balap, diwajibkan memakai Footstep Underbone. Anda tahu apakah alasannya harus menggunakan footstep underbone ..? Hal ini dilakukan karena bertujuan agar si pembalap atau rider itu mendapatkan posisi yang optimal ketika berada diarena balap. Dengan pergantian footstep standar yang dilengserkan kemudian digantikan dengan footstep undrebone, maka posisi duduk si pengendara pun akan mengalami perubahan yakni posisi duduk akan geser kebelakang. Dengan seiring pergantian footstep standar yang digantikan footstep underbone, tentunya posisi stang juga harus mengalami perubahan Kawan. Karena posisi duduk yang agak mundur kebelakang, maka posisi stang pun dibikin agak rendah dari standar. Itulah merupakan salah satu alasan mengapa para pembalap merasa nyaman ketika berada diatas motor balapnya.

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing

Dari sedikit cerita diatas, penggunakan parts yang satu ini tentunya akan memiliki beberapa kekurangan atau kelebihan ketika menggunakan Footstep underbone. Sebelum Anda berniat mengganti footstep standar Anda dengan footstep underbone, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing.

Kelebihan menggunakan Footstep Underbone antara lain :
* Penampilan motor akan semakin sporty.
* Posisi duduk si pengendara akan terasa lebih nyaman (tergantung selera).
* Merasa lebih PD (percaya diri) ketika melewati jalan yang memiliki banyak tikungan tajam. Namun jangan salah, merebah/ menikung tajam yang dimaksud disini adalah menikung pada putaran atau lingkaran yang memiliki jalan relatif lebar.
* Saat kita harus menggeber motor pada jalan lurus juga cukup memberikan keuntungan dengan model kaki menekuk. Sehingga posisi kaki tidak sering mendapat terpaan angin.

Kekurangan dan kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing
Footstep Underbone Yamaha New Jupiter MX

Setelah beberapa kelebihannya diatas, berikut merupakan Kekurangan menggunakan Footstep Underbone antara lain :
* Rem terasa kurang pakem (untuk rem tromol).
* Kaki akan terasa cepat pegal untuk dipakai dalam perjalanan jarak jauh, karena posisi kaki terlalu menekuk dan badan terlalu membungkuk.
* Parts Mudah patah jika motor mengalami kecelakaan (jatuh). Kalo yang satu ini sih tergantung bahan yang digunakan.


Dari beberapa penjelasan mengenai Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Footstep Underbone - Racing. Kami suguhkan referensi untuk Anda jika Anda berminat untuk menggunakan atau membeli footstep underbone. Anda dapat mencarinya di elevenia.co.id. Bagi pengguna Yamaha Jupiter MX, Anda bisa klik disini http://www.pricearea.com/detail/underbone-nui-jupiter-mx-lama-14355663. Untuk pilihan lainnya, ada juga untuk beberapa tipe motor seperti Yamaha Byson, Jupiter Z, Honda CBR DLL untuk Anda.

.

Teriama Kasih  telah berkunjung dimari, semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam motorarea.blogspot.com