Kita semua pasti tahu Yamaha
Vixion. Ya, motor ini merupaka motor berjenis street fighter terlaris di dalam
kurun waktu 3 tahun terkhir dan memiliki angka penjualan jauh diatas para
pesaingnya seperti Honda Verza, Suzuki Thunder dan lainnya. Motor yang pertama
kali diluncurkan di tahun 2007 sebagai perwujudan dari keikutsertaan Yamaha
dalam kampanye mesin 4 langkah ini sudah dianggap salah satu raja motor street
fighter di pasar motor nasional sejak hari pertama perilisanya. Ada beberapa
faktor yang mempengaruhi tingginya tingkat penjualan motor dari Yamaha ini.
Berjayanya Yamaha di ajang moto GP tentu saja menjadi salah satu faktor yang
membantu peningkatan penjualan motor ini.
Cakepan Motor apa SPG-nya??? |
Ada beberapa faktor yang sangat
mempengaruhi penjualan Yamaha Vixion, selain kejayaan Yamaha di moto GP dengan
Valentino Rossi pada awal-awal diterbitkanya motor ini, hal lain yang membuat
motor in sangat laku di pasaran antara lain adalah:
1.
Nama Yamaha
Yamaha sendiri telah berada di pasar Indonesia untuk beberapa
dekade. Nama yang paling terkenal setelah Honda yang telah menjadi majas bagi
banyak orang di Indonesia adalah Yamaha. Banyak orang sangat percaya dengan kualitas
brand ini yang tentu saja hal itu sangat berpengaruh pada tingkat penjulan semua produknya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Yamaha memang selalu
mampu memberikan motor-motor kulitas prima sejak dari zaman mesin dua langkah.
Produk-produk seperti RX King dan RX Z adalah bukti nyata kehebatan nama
Yamaha.
2.
Relativitas
Harga
Jika kita melihat harga motor vixion, tentu saja harga yang
ditawarkan oleh produk ini sangat masuk akal. Pada awal kemunculanya, motor vixion ini dibanderol di kisaran angka belasan juta, tetapi saat ini harganya
sudah mencapai diatas angka 20 juta. Bagi merek lain, tentu saja harga itu bisa
dibilang mahal, tetapi bagi produk Yamaha yang memilik nama yang sangat
mengakar di Indonesia, harga itu masih dianggap oleh banyak orang sebagai harga
yang pantas.
3.
Purna Jual.
Lagi-lagi nama Yamaha yang telah sangat terkenal di Indonesia
memegang peranan di perkembangan penjualan Yamaha Vixion. Harga motor vixion bekas yang masih sangat tinggi
membuat orang percaya untuk membeli motor vixion dibanding merek lain yang bisa
jadi purna jualnya lebih rendah.
4.
Harga
Onderdil
Salah satu hal yang nama Yamaha sangat terkenal di Indonesia adalah
biaya perawatanya yang bisa dibilang rendah. Orang-orang yang mampu membeli
motor memang tidak bisa dibilang orang dengan kelas ekonomi rendah, tetapi
mereka juga bukan orang-orang dengan tingkat ekonomi yang tinggi pula. Karena
itu mahal dan tidaknya harga onderdil sangatlah penting bagi para konsumen
motor di pasar Indonesia.
5.
Desain
Sejak awal kemunculanya, Vixion memang sudah menawarkan desain
yang sangat elegan tetapi juga garang. Di tahun 2014, Yamaha memutuskan untuk
memperbaharui design Vixion lama dengan desain yang baru. Desain baru ini
nampaknya membuat motor ini semakin digandrungi oleh banyak orang. Modelnya
yang minimalis dan mencerminkan kemoderenan membuat orang semakin suka saja
dengan motor ini.
Faktor-faktor diatas adalah
faktor dasar yang mempengaruhi fluktuasi harga motor vixion dan tingginya angka
penjualan yang dimiliki motor ini. Untuk beberapa tahun kedepan, sepertinya
masih belum ada merek lain yang akan mampu menyaingi tingginya angka penjualan
motor ini. Yamaha tentu saja akan sangat menjaga salah satu produk andalan
mereka ini untuk selalu berada di puncak pasar motor Indonesia.