New Jupiter MX merupakan motor tanggung yang dilahirkan pabrikan Yamaha. Motor yang berkapasitas 135cc ini awalnya memiliki nama Jupiter MX dengan memiliki 4 percepatan, namun kemudian dirilis kembali menjadi New Jupiter MX yang memiliki 5 percepatan untuk varian kopling manual dan 4 percepatan untuk mesin yang masih menggunakan kopling otomatis.
Pada New Jupiter MX, dapur pacu yang dimilikinya yakni dengan kapasitas 135cc, 4-5 percepatan bersilinder tunggal. Dan masih mengadopsi sistem karburator. Dengan spek yang tanggung ini tentunya New Jupiter MX masih dibawah pesaingnya yakni Suzuki Satria FU yang telah mengadopsi kapasitas 150cc dan 6 percepatan. eeem... Bagaimana caranya biar MX dan FU in bisa seimbang ya ..?
Yamaha New Jupiter MX |
Pengubahan transmisi mesin Yamaha New Jupiter MX ini datang dari negri jiran yakni Malaysia yaitu Faito. Dimana Faito menciptakan transmisi yang plug in tanpa mengubah dudukan atau jeroaan mesin Yamaha New Jupiter MX. Transmisi Faito ini terbuat dari bahan material baja dan dibanderol dengan harga Rp 2,6 Jutaan. Jelas, dengan perubahan yang dilakukan ini bukan hanya performa yang bertambah. Tetapi nafas juga akan terasa panjang.
Jadi, agar New Jupiter MX Kawan bisa menandingi rivalnya yakni Satria FU, bukan hanya asal korek yang menjadikan motor Kawan menjadi boros. Cukup dengan memperbesar diameter silinder dan beberapa setingan lain seperti pada sistem kopling dan sistem pengapiannya agar didapat hasil yang sempurna. Nah, yang terakhir jika si kuda besi masih terasa kurang performanya, maka ubahlah sistem transmisinya agar selain mendapatkan performa, nafas si motor juga akan menjadi lebih panjang.
Transmisi 6 Percepatan New Jupiter MX |